Banyak investor yang melewatkan untuk melihat neraca. Aset dan liabilitas memang tidak se”sexy” keuntungan dan pendapatan. Walau pendapatan penting tapi tidak memberi informasi secara keseluruhan

Neraca menyoroti kondisi keuangan sebuah perusahaan dan merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Neraca yang juga dikenal dengan laporan kondisi finansial memberikan potret kesehatan perusahaan. Neraca memberitahukan kepada anda berapa banyak yang dimiliki perusahaan (aset), dan berapa banyak utang (liabiliti). Perbedaan antara milik dan hutang berada pada equity yang umumnya disebut aset bersih atau “shareholders” equity.

Neraca juga memberitahukan kepada investor banyak hal tentang fundamental perusahaan. Berapa banyak utang yang dimiliki perusahaan berapa banyak dana yang dapat diambil dari konsumen (dan seberapa cepat), berapa banyak dana tunai dan apa jenis dana yang perusahaan kumpulkan sepanjang waktu.

Komponen neraca

Aset, liabilitas dan equitas adalah tiga komponen neraca. Jika dianalisa dengan hati-hati, maka data tersebut dapat memberitahukan kepada investor banyak hal mengenai fundamental perusahaan.

Aset
Ada dua tipe aset. Current assets dan non-current assets. Current assets biasanya digunakan atau ditukarkan kedalam bentuk tunai dalam satu putaran bisnis – biasanya dalam 12 bulan. Tiga item penting current assets yang ditemukan dalam neraca adalah tunai, inventori dan accounts receivables (dana atas barang/jasa yang belum dibayarkan).

Liability

Terbagi atas dua bagian, current liabilities dan non-current liabilites. Current liabilites adalah kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan dalam satu tahun, seperti pembayaran kepada pemasok. Non-current liabilities mewakili kewajiban perusahaan dalam satu tahun atau lebih. Biasanya non-current liabilites mewakili utang yang berasal dari bank dan pemegang saham.

Equitas

Equitas mewakili apa yang dimiliki oleh pemegang saham, jadi sering kali disebut equitas pemegang saham. Seperti dijelaskan diatas, equitas setara dengan total aset dikurangi total liabilities.

Equity = Total aset – Total liability

Advertisement

shadow

Berita terkait