Berita Saham terakurat

Berita Saham

Berita Saham – Sebagian besar bursa saham Asia naik pada hari Jumat karena lelang obligasi Italia dan Spanyol sukses dan komentar dari Bank Sentral Eropa yang membantu meringankan kekhawatiran tentang krisis utang di zona tersebut.

Namun, saham-saham di Cina daratan jatuh setelah data menunjukkan penurunan cadangan devisa dalam kuartal keempat.

Nikkei Stock Average melompat 1,4 persen menjadi 8.500,02, Indeks Kospi naik 0,6 persen menjadi 1.875,68, S&P/ASX 200 Index naik 0,4 persen menjadi 4.195,90 dan Hang Seng Index naik 0,6 persen menjadi 19.204,42.

Di bursa Cina daratan, Shanghai Composite Index terpuruk 1,3 persen menjadi 2.244,58, sedangkan Shenzhen Composite Index jatuh 3,5 persen menjadi 845,93. TAIEX Taiwan merosot 0,1 persen menjadi 7.181,54 karena pelaku pasar berhati-hati menjelang pemilihan presiden pada akhir pekan.

Pasar ekuitas luar negeri bernasib cukup baik karena penjualan obligasi negara di Italia dan Spanyol yang sukses dengan penurunan yield obligasi. Yield yang renadah membantu meredam kekhawatiran tentang krisis utang euro.

Kenaikan di bursa regional salah satu faktor pemicunya adalah saham-saham AS berakhir dengan kenaikan moderat di hari Kamis. Euro juga meningkat versus dolar setelah lelang obligasi Spanyol dan Italia, yang mencerminkan sentimen investor kembali positif. Saham-saham eksportir Asia naik, terutama eksportir Jepang yang terbantu oleh nilai tukar euro yang naik di atas level 98 yen.

Saham Cina daratan turun tajam setelah data menunjukkan cadangan devisa negara  turun $20,6 milyar pada kuartal keempat ke $ 3.18 milyar di tengah surplus perdagangan yang menyusut dan kekhawatiran tentang keluarnya devisa. Namun, beberapa pelaku pasar tetap optimis bahwa Beijing akan mempertahankan kebijakan moneter untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sayangnya, beberapa berita dan data di hari Jum’at mengecewakan bagi para investor saham seperti tercermin dari saham-saham AS yang turun setelah JPMorgan Chase & Co melaporkan penurunan laba dan karena para investor kembali khawatir Yunani akan gagal membayar utangnya dan kemungkinan akan diturnkannya rating negara-negara di kawasan Eropa.

Dengan semua perkembangan yang terjadi hingga akhir pekan ini, tampaknya akan ada lebih banyak tekanan dalam sesi awal perdagangan Asia pada Senin depan. ( Berita Saham )

Author

Tata Suharta
Tata Suharta

Berangkat dari pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan selama hampir 9 tahun menjadi analis di pasar finansial, pada Nopember 2010 saya bergabung dengan FinanceRoll. Banyak hal yang menambah pengetahuan saya mengenai analisa dan trading sejak bergabung di perusahaan ini. Sejak berdirinya, FinanceRoll selalu berusaha menyajikan analisa yang komprehensif dan tajam, sejalan dengan fokus saya untuk selalu menjaga akurasi dan konsistensi dalam melakukan analisa pasar.

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Stay Connected !

Related Posts