Connect with us

Sosok

Tiga Ilmuwan Ini Menang Nobel Kimia

Tiga Ilmuwan Ini Menang Nobel Kimia

Published

on

Photo: Istimewa

FINROLL.COM,

Nobel Kimia 2017 dimenangkan oleh Jacques Dubochet dari Universitas Lausanne, Joachim Frank dari Universitas Columbia, dan Richard Henderson dari Universitas Cambridge. Mereka menang karena hasil karya mereka dalam mengembangkan mikroskop krio-elektron.

Mikroskop krio-elektron yang ketiga orang ini kerjakan dapat membekukan biomolekul dengan sangat cepat sehingga bentuk aslinya dapat dipertahankan. Dengan demikian, para peneliti bisa mendapatkan gambaran protein di tingkat atom.

“Metode ini dapat menyerderhanakan dan meningkatkan visualisasi biomolekul, lalu membawa biokimia ke era baru,” kata anggota komite Nobel Goran K Hansson dari Stockholm, dikutip dari situs Washington Post.

Selain itu, profesor kimia fisik di Universitas Lund Sara Snogerup Linse menyatakan bahwa ketiga ilmuwan ini berjasa dalam mengembangkan metode visualisasi protein molekul kehidupan.

“Tidak ada lagi rahasia. Kita akan bisa melihat detail rumit biomolekul dari setiap sudut sel kita dalam tiap tetes cairan tubuh kita,” kata Linse dikutip dari situs New York Times. “Kita sedang menghadapi revolusi biokimia.”

Sumber: Twitter

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet ut et voluptates.

Trending Stories