shadow

Financeroll- Berbagai perdebatan mengemuka, sikapi fenomena perang mata uang dan pengaruhnya bagi harga Emas. Secara fundamental, berbagai sentiment non teknis bagi harga emas memang sangat kacau dan saling silang berbenturan.

Disatu sisi, bank-bank sentral kembali melonggarkan kebijakan moneternya  hingga menciptakan perang mata uang. Disisi lain, inflasi ternyata stabil dan harga logampun masih bisa dikontrol. Dengan melihat kenyataan ini, untuk menerawang harga emas dikemudian hari, kiranya perlu melihat rekam jejak harga emas dalam periode yang lebih panjang sebagai panduan.

Secara teknis, pergerakan harga emas telah membentuk pola triangle dimana secara tradisional diyakini bahwa segitiga yang simetris ini merupakan pola yang akan berkesinambungan. Semenjak harga emas bergerak naik terus dalam jangka yang panjang, mulai tahun 2000, pola triangle selalu menandai pijakan harga emas untuk menanjak kembali.

Dimulai diakhir 2008, harga emas mulai naik dalam tren yang kuat. Dalam pergerakan yang halus sejalan dengan garis trennya hingga pertengahan 2011. Hingga pertengahan 2011 harga emas yang naik juga mendapat dukungan dalam pola parabolic, suatu kejadian yang kurang lazim namun kemudian tidak dipungkiri bahwa harga emas mulai September 2011 berbalik arahnya.

Semenjak itu, harga emas terus bergerak dalam kanal yang berusaha menembus batas atas kembali, namun gagal dan menurun kembali. Jatuhnya harga emas kemudian membuat pergerakan yang lebih dalam hingga akhir tahun. Di awal 2012, harga emas mulai berusaha naik kembali, dan kenaikan ini juga gagal dengan berbalik arahnya harga emas di bulan Februari. Mencoba menembus batas bawahnya, namun sebagaimana indikasi Parabolicnya, harga emas mulai naik kembali di bulan Agustus. Dibulan Oktober hingga kini, praktis harga emas mengalami penurunan. Dari grafis, terlihat bahwasanya tren harga emas telah mengalami perubahan.

Pergerakan harga emas, kedepannya adalah cenderung menuju ke $1,284 apabila mampu menembus garis triangle sebaliknya jika berbalik menguat, maka akan menuju ke $2074. Saat ini emas memang berada di persimpangan kritis.

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

Analisa Fundamental

saham asia
Data manufaktur Tiongkok dorong bursa saham Asia naik
shadow

ionkok daorong bursa saham naik Bursa saham regional di wilayah Asia  masih mempertahankan kenaikannya ditopang oleh membaiknya data manufaktur Tiongkok …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait

Comments

  1. anang    

    siang mas, bisa minta tolong di share donk untuk grafik trianglenya dimana kalau turun bisa ke 1200 kalau naik bisa ke 2074. terima kasih

  2. dedi    

    pagi bang…., dengan kecendrungan emas jatuh gimna dengan GBP nya bang..trims

  3. heru prasetyo    

    Pak Lukman. kami menyadari analisa hanyalah sebatas analisa. tapi Analisa anda begitu cepat berubah rubah. sepertinya analisa anda yg benar, adalah setelah emas turun anda menganalisa emas turun, SETELAH EMAS NAIK ANDA BILANG NAIK. YA SEMUA YA PASTI BISA PAK.

  4. boy    

    “siang mas, bisa minta tolong di share donk untuk grafik trianglenya dimana kalau turun bisa ke 1200 kalau naik bisa ke 2074. terima kasih”

    permintaan sama

  5. pram    

    Gold saat ini sepertinya sdg kritis menuju bearish untuk menguji di level 1.520-an, bila tembus maka akan masuk ke level berikutnya di 1.420-an.. ini bisa memakan waktu sekitar 2-3 bulan ke depan, jadi untuk yang pegang emas, harap tahan nafas dan tahan mental dulu utk 2-3 bulan ke depan krn akan masuk masa turbulensi, setelah itu kita akan melihat apa yang akan terjadi disana. jadi kalau mau membeli emas, waktu yangterbaik adalah 2-3 bulan ke depan pada saat Gold sdh menunjukkan signal kekuatan. let’s wait and see..

Comments are closed.