shadow

Cermati Sektor Keuangan, BEI Luncurkan Indikator BaruFinanceroll – Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali meluncurkan indeks harga saham baru bernama Infobank 15. Komponen indeks Infobank 15 merupakan saham yang dipilih dari subbsektor bank yang terdapat di sektor keuangan.

“Tujuan utama dari diluncurkannya indeks ini adalah untuk memperrmudah investor dan pelaku pasar lainnya dalam memantau kinerja dan pergerakan harga saham.  Pemilihan komponen ini memperhatikan aktivitas transaksi seperti nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi, kapitalisasi pasar, serta rasio free float saham,” kata Pimpinan Infoarta Pratama,  Eko B Supriyanto, di BEI Jakarta, Rabu (7/11).

Sebagai informasi, faktor-faktor yang fundamental yang menjadi kriteria dasar pemilihan komponen indeks infobank 15 menurut Eko adalah rating bank dan ukuran good corporate governance yang keduanya dinilai oleh Infobank.

Selain itu, BEI bekerjasama dengan PT Infoarta Pratama (penerbit majalah Infobank) meluncurkan indeks Infobank 15. Dalam peluncuran perdananya dibuka 410,66 dan diharapkan bisa terus meningkat seiring waktu berjalan.

Pada  Indeks Infobank15 akan dilakukan peninjauan berkala setiap enam bulan, yaitu bulan Mei dan November setiap tahunnya sehingga komponen ini akan diperbaharui setiap awal bulan Juni dan Desember.

Sementara untuk metode perhitungan indeks, metode yang disunakan oleh indeks ini adalah sama dengan metode perhitungan indeks lainnya yang terdapat di BEI, yaitu dengan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar atau market capitalization weighted average. [geng]

Berita terkait