shadow

Financeroll — Sentimen ekspektasi terhadap perekonomian Jerman kembali meningkat pada bulan Oktober, mencerminkan “semakin berkurang”nya risiko pada perekonomian Jerman, Pusat Penelitian Ekonomi Eropa, ZEW, Selasa melaporkan.

Indeks ekonomi ZEW yang sangat dipantau ini naik menjadi -11,5 pada Oktober dari laporan bulan September yakni -18,2. Para ekonom dalam survei Dow Jones Newswires hanya memperkirakan kenaikan hingga -15.

Kenaikan indeks ZEW ini merupakan kenaikan kedua berturut-turut, menjadikan sebuah tanda menggembirakan bagi ekonomi Jerman karena indeks secara tradisional yang baik menunjukkan titik balik dalam siklus ekonomi.

Setelah sempat mencatat penurunan bulanan keempat berturut-turut terhadap prospek ekonomi Jerman, indeks naik di bulan lalu untuk pertama kalinya dalam kurun waktu lima bulan terakhir, sebagian berkat Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, yang mengatakan bank sentral siap untuk membeli utang pemerintah dengan potensi tak terbatas untuk membantu negara zona euro yang bergelut dengan utang.

Meskipun outlook ekonomi dipandang lebih positif, Jerman masih menghadapi tantangan. Beberapa ekonom memperkirakan perekonomian masih “melambat,” bukannya “cerah,” ZEW mengatakan.

Indeks kondisi ZEW saat ini turun menjadi 10,0 di Oktober dari hasil di September 12,6 dibandingkan perkiraan konsensus 11,0 untuk bulan Oktober.

Author

Financeroll
Financeroll

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Stay Connected !

Related Posts