shadow

Financeroll – Menjelang pergantian tahun, Saxo Bank menerbitkan perkiraan mereka di tahun 2013, termasuk jatuhnya harga komoditi emas dan minyak mentah. Secara gamblang, Saxo Bank melihat bahwa harga emas bisa turun hingga ke $1,200 per ons sementara harga minyak mentah bisa kembali ke kisaran $50 per barel. Berikut ini pasal-pasal yang menjadi alasan Saxo Bank :

Pertama, Bursa saham Jerman DAX diperkirakan akan terjun sebesar 33% kembali ke level 5,000 atas melemahnya perekonomian Cina yang diyakini masih akan berlanjut sehingga memberikan tekanan bagi perkembangan industri Jerman. Beberapa scenario kan membawa penurunan kepercayaan konsumen dan penurunan harga secara besar-besaran di saham-saham industry, yang merupakan porsi terbesar dalam bursa Jerman.

Jepang akan melakukan nasionalisasi perusahaan-perusahaan elektronik besar menyusul keterpurukan mereka setelah bersaing dengan pesaing yang datang dari Korea Selatan, persaiangan ini membawa kerugian Sharp Corp hingga $30 milyar termasuk juga Panasonic Corp.  dan Sony Corp. Kondisi kredit akan memburuk sehingga menekan industry dan membuat pemerintah Jepang perlu melakukan nasionalisasi beberapa industry kunci lainnya, sebagaimana dilakukan serupa yang pemerintah AS saat menasionalisasi perusahan-perusahaan otomotif disaat krisis.

Harga emas akan jatuh hingga ke $1,200 per ons. Secara mengejutkan, perekonomian AS akan membaik lebih cepat dari perkiraan, khususnya pelaku pasar dan investor emas yang masih berat melepas emas sebagai Safe Haven. Disisi lain, permintaan emas secara fisik oleh Cina dan India mengalami penurunan sehingga memicu likuidasi investasi emas dan harga emas jatuh hingga ke $1,200 per ons sebelum Bank-bank Sentral sempat mengambil keuntungan dari menurunnya harga emas ini.

Harga minyak mentah turun ke $50 per barel, dimana produksi minyak mentah AS kembali naik dengan peningkatan teknologi produksi dan kenaikan cadangan minyak domestic  hingga ke level tertinggi dalam 30 tahun terakhir ini disaat ekspor minyak menurun, harga minyak  kembali mendapat tekanan jual yang kuat sekali.

Pada perdagangan Forek, USD/JPY turun ke 60.00 dimana Perdana Menteri Jepang yang baru Shinzo Abe secara agresif telah menggunakan dan mendesak kebijakan moneter yang lebih lunak guna mendukung pertumbuhan ekonomi Jepang. Hal ini membuat Yen tertekan. Akhirnya Dolar AS bergerak turun ke 60.00 yen, seiring dengan naiknya Yen Jepang sebagai mata uang yang paling kuat di dunia.

Spanyol akan mendekati kebangkrutannya, dengan suku bunga yang meningkat hamper 10% akibat tekanan sosial di Spanyol sehingga sector public tidak bisa memenuhi pembayaran nantinya dan tingkat kredit Spanyol akhirnya diturunkan hingga di level sampah. (@hqeem)

Advertisement

shadow

Berita terkait

Comments

  1. imanwahyudi    

    yang bener nie… ga mungkin sampai ke $1200, knpa ? kn emas barang yg sangat di pke terus mnurus oleh SDM atpun pelaku industri… ?

  2. imanwahyudi    

    @mr. lukman : Mc Ewen juga berpendapat emas in 2013 akan di $2000 nah dasar anilisa mas lukman sndiri apa emas akan ke level $1200

  3. Jose    

    hahaha….bingung ya…siapa juga yang sangka emas ga bisa tembus $ 1800 lg, malah jatuh sampai $ 1600an. ” Semuanya mungkin asal pelaku pasar mau “…santai aja bro…itu kan baru analisa…

  4. nova    

    ga mungkin bgt lah emas di bawah $1300,, ada yang brani taruhan ama saya ?

  5. boy    

    kok malah turun….apa karna kejadian 2011 lagi..??? baiknya sekarang wait n see saja dulu karna tumpang tindih berita yang ada….

  6. mr. gold    

    Mr.Lukman menurut sy emas akan ke $600.

  7. noname    

    Lama-lama harga emas akan kalah sama tembaga, karena tembaga lebih banyak dibeli dan dipakai terutama oleh kalangan industri. Kalau emas hanya disimpan saja di brankas :)
    Bingung mau invest apa yang aman…

  8. budiono prayogo    

    wah membingungkan analisa anda,baru aja pak lukman menulis apapun hasilnya mengenai keuangan USA baik untuk emas,lho dengan cepatnya anda menulis seperti ini. Yang benar aja Pak. Percuma investasi emas kalau kayak bedini

  9. andi    

    boleh berapapun emas turun…..yg penting rupiah terhadap dolar bs ke level brp……klo ke 15000 ga msalah see emas turun ….kita kan di indonesia bukan amirika

  10. pram    

    menurut saya dalam 1-2 bulann ini emas memang akan mengalami koreksi sampai mendekati $ 1.500, mungkin sekitar bln Feb/maret 2013 akan berbalik utk naik lagi dan menuju ke 1.700-1.800, setelah itu kita lihat apa yang akn terjadi kemudian..tetapi besar kemungkinan utk tahun 2013 ini 1.800 akan bisa ditembus.. mari kita doakan bersama-sama.

  11. Taufiq    

    Emas masih akan naik paling tidak selama 10 tahun ke depan. Kalau kita search dengan keywords gold price prediction 2013, kita akan banyak menemukan analisis tersebut. Paling tidak coba link ini http://pro.goldalert.com.
    Kalau crude oil tidak mungkin akan lebih rendah dari USD 90 per barrel. Kalau anda tanya orang minyak tentang biaya eksplorasi dan produksi, mereka akan menunjukkan basis operation expense dengan harga 90-100. Coba perhatikan hal berikut sebagai pertimbangan: teknologi E&P masih mahal, produksi global menurun karena reservoir depletion, dan belum banyak penemuan eksplorasi yang dapat mengisi reserve global secara signifikan.
    Selamat menyongsong tahun baru. Maybe prosperity will be yours. Nuwun.

  12. Taufiq    

    Ralat penutup: Selamat menyongsong tahun baru.
    May prosperity be yours.
    Nuwun.

  13. Ahmad Kurnia    

    Financeroll.co.id harusnya lebih cermat dalam merekrut para “komentator” … beberapa statement dan analisa yg selama ini ditampilkan, SEBAGIAN BESAR salah .. alias NOL BESAR ! , saya menulis ini sebagai masukan untuk financeroll.co.id 

  14. Ahmad Kurnia    

    sebelumnya bapak lukman menulis “Emas akan juara, tidak peduli AS dihantam atau selamat dari Fiscal Cliff” , sekarang muncul lagi dengan tulisan “Harga emas kembali $1,200, minyak $50 di 2013″ … hmmm , praktisi macam apa kau ? fikir bung sebelum nulis !

  15. Taufiq    

    Saya ± setuju dengan AHMAD KURNIA, FinanceRoll harus terbuka menerima masukan kalau masih mau dibaca orang.

    Kemarin posting saya 31 December 2012, jam 18:32 sempat dihapus dari layar. Kemudian setelah saya email langsung ke Pak Lukman, baru dimunculkan lagi.

    Kenapa dihapus, apakah karena opini saya berlawanan arah dengan artikel? Padahal tulisan saya sangat valid. Apakah artinya FR menyaring / menyensor pendapat orang? Kalau begini caranya gak bakalan ada orang nulis opini lagi, bahkan gak bakal ada yang mau baca FR.

    Ayo FR, jangan galau, lakukan perbaikan, termasuk apa yang dikatakan oleh AHMAD KURNIA.

  16. Taufiq    

    Coba kita bahas informasi dari artikel diatas: “Secara mengejutkan, perekonomian AS akan membaik lebih cepat dari perkiraan, khususnya pelaku pasar dan investor emas yang masih berat melepas emas sebagai Safe Haven.”

    Secara mengejutkan,.. —> bagaimana bisa mengejutkan? Kalimat ini seakan2 menunjukkan sudah terjadi. Kalau belum terjadi, apa yang bisa menunjukkan bakal ada sesuatu yang mengejutkan??

    …perekonomian AS akan membaik lebih cepat dari perkiraan, —> Apakah yang membuat sedemikian yakin akan membaik? Apakah kita sudah pasti dengan fiscal cliff yang masih dilematis?

    …khususnya pelaku pasar dan investor emas yang masih berat melepas emas sebagai Safe Haven. —> Apakah ini bukannya menunjukkan bahwa harga emas paling tidak masih akan bertahan?

    “Disisi lain, permintaan emas secara fisik oleh Cina dan India mengalami penurunan sehingga memicu likuidasi investasi emas dan harga emas jatuh hingga ke $1,200 per ons sebelum Bank-bank Sentral sempat mengambil keuntungan dari menurunnya harga emas ini.” —-> Seberapa besar penurunan permintaan fisik sehingga harga bisa jatuh ke USD 1,200/ troy, dan dalam jangka waktu berapa lama?

  17. Taufiq    

    Tentu saja pendapat saya di atas bisa saja salah, tetapi belum terbukti. Untuk itulah maka saya undang pembaca untuk beropini. Kita hanya berpendapat, kita bisa berbeda ide tanpa harus berantem dengan kata2 yang tidak baik. Kalaupun sekiranya ada pembaca yang tidak berkenan, saya mohon maaf karena saya juga manusia biasa.

  18. toto    

    Kalimat ini “Emas akan juara, tidak peduli AS dihantam atau selamat dari Fiscal Cliff”adalah faktor berkurangnya saldo saya hingga turun 141 point…mau ngumpat juga percuma !

Comments are closed.