shadow

Financeroll – Era Perdagangan bebas telah menempatkan Indonesia pada dua isu utama, yaitu meninkatkan daya saing produk nasional untuk bersaing di pasar internasional sekaligus menahan gempuran produk impor dan kedua, mengawasi dan mencegah beredarnya produk-produk impor yang tidak memenuhi standar kesehatan, keselamatan, atau membahayakan konsumen Indonesia.

Salah satu solusinya adalah menerapkan Standar Nasional Indonesia, sebagai upaya melindungi konsumen nasional dan meningkatkan daya saing produk nasional. Implikasi standar mutu bukan terbatas pada masalah daya saing saja, namun juga berhubungan dengan masalah kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Suryo Bambang Sulisto, Ketua KADIN mempertanyakan  penyebab mengapa barang-barang impor dibiarkan masuk tanpa penyaringan standar mut sesuai dengan SNI ?., Ditambahkan olehnya bahwa selama ini pembicaraan standarisasi  mutproduk lebih di fokuskan pada produk nasional untuk menaikkan daya saing di pasar ekspor, namun produk impor tidak demikian, padahal ketika kita berbicara mengenai SNI sebagai upaya melindungi dan rasa tanggung jawab kemanusiaan terhadap konsumen, imbuhnya. Pada akhirnya pasar bebas, bukan berarti membebaskan masuk barang-barang yang tidak bermutu alias rendah kualitasnya.

Melihat permasalahan yang ada, KADIN memandang pentingnya langkah-langkah pemerintah dalam merealisasikan penerapan SNI demi meningkatkan daya saing industry nasional . dalam seminar di Jakarta pada Selasa (20/03) Ketua Umum KADIN  juga melihat bahwa penerapan SNI juga perlu dibarengi dengan gerakkan membudayakan kesadaran akan mutu produk di masyarakat.

Untuk meningkatkan daya saing produk nasional, SNI kedepan diharapkan bisa sesuai dengan standar dengan Negara lain, seperti British Standars (Inggris) dan japan Industrial Standard (Jepang). Dengan menjaga SNI sesuai dengan standar internasional maka kegiatan produksi nasional akan mampu menopang ketahanan ekonomi nasional.(HQM)

Author

Lukman Hqeem

Menjadi praktisi di pasar berjangka dan investasi sejak 2002 dan bergabung di www.financeroll.com sejak 2008. Jika menyukai tulisan-tulisan saya, silahkan beri komentar atau pertanyaan. Untuk menghubungi saya, silahkan kirim surel ke alamat [email protected] dan silahkan mengikuti twitter saya di @hqeem

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 215A2918
shadow

Related Posts