shadow

Harga Batu Bara Acuan Juni US$ 96,63 per TonFinanceroll –  Harga Batu bara Acuan (HBA) untuk Juni kembali mencatat penurunan. HBA untuk bulan ini seperti dikutip dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tercatat sebesar US$ 96,63 per ton, turun dari bulan lalu sebesar US$ 102,12 per ton. Penurunan ini membuat rata-rata HBA tahun ini sebesar US$ 107,01 atau turun 10,9% dari periode yang sama sebesar US$ 120,09.

HBA di atas merupakan harga batu bara untuk penjualan spot dalam periode 1 Juni 2012 sampai dengan 30 Juni 2012. HBA bulan Juni merupakan harga terendah sepanjang tahun ini yang sempat menyentuh level harga US$ 115,58 pada Februari 2012.

Sementara itu, Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) memperkirakan penurunan tersebut terjadi karena banyaknya pasokan yang masuk ke pasar Asia. Bob Kamandanu, Ketua Umum APBI, memproyeksi harga rata-rata tahun ini tidak sebagus tahun sebelumnya.  Sepajang awal tahun ini, harga acuan batu bara terus mencatat penurunan. HBA tertinggi di tahun ini tercatat pada bulan Februari sebesar US$ 115,58 per ton naik dari bulan sebelumnya US$ 109,29 per ton.

Namun, memasuki bulan Maret HBA terus mengalami penurunan. HBA untuk pembangkit listrik pada bulan Mei 2012 dengan KCl 6322 turun menjadi US$ 102 per ton, harga terendah sejak November 2010. Padahal pada April, HBA mencapai US$ 105,61 per ton.

Tren penurunan ini kemungkinan tidak akan berlangsung tahun depan. Tahun depan kemungkinan besar permintaan batu bara akan bertambah seiring meningkatnya permintaan di pasar Asia. Mulai beroperasinya pembangkit-pembangkit baru di India, China dan Jepang dipastikan akan mendongkrak harga batu bara tahun depan.  (geng).

 

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

Analisa Fundamental

Edukasi

Modern Multichannel Bangking System
Multichannel Banking:Kunci Keberhasilan Industri Layanan Finansial di Milenium Baru
shadow

Penawaran-penawaran online terintegrasi yang dapat memfasilitasi loyalitas pelanggan, pemotongan biaya dan mendorong model pendapatan baru bagi bank   Pada …


Berita terkait