shadow

Financeroll – PT Freeport Indonesia di Papua terdaftar di Thompson Ruters dan Metals Economics Group sebagai tambang emas terbesar dunia dalam hal luas area dan produksi per tahunnya.

Data yang juga dimuat dalam CNBc ini menunjukkan luas tambang Freeport seluas 527.400 hektara pda t ahun 2011 dan telah memproduksi emas sebanyak 1.444.000 ounce atau 40.936kg.

Tambang yang berlokasi di pegununan Jayawijaya ini adalah tambang terbuka dan tambang bawah tanah. Saat ini Freeport melaporkan cadangan emasnya masih berkisar 46,1 juta troy ounce.

Nilai cadangan emasnya sendiri diperkirakan sebesar $423,9 triliun. NIlai ini didapat dengan menghitung harga emas dari pasar spot London selama 3 tahun terakhir yaitu $1,023 per troy ounce atau setara Rp296.670 per gram pada saat dolar berada dilevel Rp8.990 per dolar dolar (2011).

Kontrak eksploitasi tambang Papua yang dimiliki Freeport berakhir pada 2021 dalam kontrak generasi kedua pada 1991. Freeport memiliki hak untuk memperpanjang kontrak 10 tahunnya sebanyak dua kali hingga tahun 2041.

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

GBPUSDH4,30juli2014
GBPUSD Sejenak Bergeliat
shadow

Setelah menyentuh level low 1.6889, GBPUSD pada pasar Asia hari ini nampak berupaya naik dengan resistensi awal 1.6933, lalu resisten garis tren minor …


Analisa Fundamental

saham asia
Data manufaktur Tiongkok dorong bursa saham Asia naik
shadow

ionkok daorong bursa saham naik Bursa saham regional di wilayah Asia ¬†masih mempertahankan kenaikannya ditopang oleh membaiknya data manufaktur Tiongkok …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait

Comments

  1. michail hu    

    jika asumsi cadangan minyak freeport dikalikan dengan harga emas hari ini yang mengacu ke loco london yang dikisaran $1652-$1664 berapa kekayaan freeport sekarang ?
    luar biasa, memang. kita patut bangga karena itu ada dibumi indonesia tetapi saya juga miris yang menikmati itu semua bukan rakyat indonesia.
    bagaimana dengan sikap pemerintah menanggapi hal ini?
    selalu saja kita menjadi penonton yang baik, jika cadangan emas sudah habis, barulah tanah gersang dan berlobang-lobang itu dikembalikan ke rakyat papua.

    1. Faisal    

      Tidak usahlah kita kalikan dengan Loco London pak, Papua adalah salah satu pertambangan emas terbesar didunia. Emas freeport terkenal didunia, tapi tidak pernah disebutkan, karena ketika diangkat masih mentah. Pengolahannya lebih banyak diluar negeri.

      Jika berbicara masalah Freeport, maka yang berdosa adalah pemerintah + pihak asing yang bercokol di Freeport. Dosa pemerintah adalah membiarkan tambang Papua digerogoti asing sementara hasil untuk negara, TERUTAMA untuk saudara-saudara kita diPapua nyaris NOL. Faktanya, lihat saja pembangunan infrastruktur Papua…sangat menyedihkan.

      Tapi kita juga tidak boleh lupa dengan intervensi asing yang akan melakukan segala daya dan upaya untuk menguasai harta rakyat Indonesia. Tentu kita ingat, ketika hangat ribut-ribut masalah Freeport, Hillary Clinton langsung datang ke Indonesia untuk menuntaskannya. Tercatat sudah tiga orang pejabat tinggi Amerika datang langsung ke Indonesia untuk menuntaskan berbagai permasalahn terkait usaha dan kegiatan US di Indonesia. Sebut saja mantan menteri pertahanan Donald Rumfsfeld, Hillary Clinton dan tentu saja Om Obama.

      Yang dapat membantu dan memperbaiki nasib rakyat Indonesia, hanya orang Indonesia sendiri. Kita juga tidak boleh lupa dengan para koruptor dan pengkhianat negara yang selalu menggadaikan apa yang Indonesia miliki termasuk harga diri, mereka-mereka inilah yang menyogok aparat dan melemahkan regulasi sehingga mereka mendapat untung.

      Solusi untuk menyelamatkan Papua adalah STOP pertambangan disana, tapi rasanya sulit…

Comments are closed.