shadow

Tingkatkan Kapasitas Produksi, Indocement Bangun Tiga PabrikFinanceroll – Emiten produsen semen, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) akan terus meningkatkan kapasitas produksi semen melalui penambahan tiga pabrik baru yang ditargetkan  sudah beroperasi penuh pada 2016.

Sekretaris Perusahaan Indocement Tunggal Prakarsa,  Sahat Panggabean, mengatakan, tiga pabrik baru tersebut akan dibangun masing-masing di Citeureup (Jawa Barat), Pati (Jawa Tengah),  dan satu di luar Pulau Jawa.  Pabrik baru di Citeureup saat ini sudah memasuki tahap paparan publik dan pembangunan segera dilakukan.

Sementara pabrik di Citeureup merupakan pabrik semen brown-field dengan kapasitas produksi mencapai 4,4 juta ton per tahun.  Nilai investasi untuk pembangunan pabrik Citeureup sebesar 800 juta dolar AS yang diperkirakan siap berproduksi pada 2015.

Pembangunan pabrik semen di Pati sebenarnya mundur dari jadwal yang telah ditetapkan yaitu pada 2011 lalu karena adanya penolakan dari masyarakat sekitar.   Pabrik semen di Pati merupakan pabrik green-field dengan kapasitas mencapai 2,5 juta ton per tahun.

Perseroan menyiapkan dana sekitar USD  750 juta untuk pembangunan pabrik di Pati termasuk pembebasan lahan, pembangunan infrastruktur dan power plant.  Saat ini, Indocement telah memiliki 12 pabrik semen yang berada di tiga lokasi yaitu Bogor, Cirebon, dan Kotabaru dengan kapasitas produksi seluruhnya mencapai 30,5 juta ton semen per tahun. [geng]

Advertisement

shadow

Berita terkait