shadow

Tren Harga CPO Masih Positif, Kinerja Bisnis Sinar Mas Agro Bisa TumbuhFinanceroll –  Emiten perkebunan dan agribisnis,  PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR), optimis  harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) pada tahun ini bertahan di level USD  1.000 per ton.

Sementara itu, Direktur Sinar Mas Agro, Tony Liwang, mengatakan tren harga CPO yang masih positif diperkirakan mampu memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan pada semester II 2012.  Pertumbuhan produksi CPO pada 2012 diperkirakan lebih kecil dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan minyak nabati lain, seperti minyak kedelai juga diperkirakan menurun. Sementara permintaan minyak nabati dari negara berkembang seperti China dan India akan tetap besar.

Lebih lanjut, Tony menjelaskan,  faktor-faktor utama yang terus mempengaruhi kinerja operasional perusahaan adalah harga CPO, volume produksi, dan biaya produksi. Sinar Mas Agro menargetkan pertumbuhan produksi CPO 5%-8% tahun ini dengan asumsi kondisi cuaca mendukung.

Selain itu,  harga CPO terus dipengaruhi berbagai faktor termasuk fundamental pasokan dan permintaan minyak nabati. Faktor lainnya, biaya produksi, dipengaruhi tingkat produksi dan harga pupuk.  Jika harga CPO, perkembangan produksi, dan rupiah tetap stabil, perseroan berharap dapat meraih kinerja yang baik di semester II ini.

Berdasarkan Info komoditi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), tercatat harga CPO di Bursa Berjangka Malaysia, pada pekan lalu mencatat level tertinggi sejak 17 Juli ke level 3.183 ringgit per ton. Kenaikan didorong sentimen membaiknya permintaan CPO akibat kekeringan di Amerika Serikat yang membuat produksi kedelai anjlok dan mendorong harganya.

Sepanjang semester I, perseroan  mencatat penurunan pendapatan 16,9% menjadi Rp 13,59 triliun dari tahun lalu Rp 16,35 triliun.  Mengikuti pendapatan, laba kotor juga turun 21,3% menjadi Rp 3,25 triliun dari Rp 4,13 triliun. Laba usaha tumbuh 17,6% menjadi Rp 1,66 triliun dari Rp 1,41 triliun.  [geng]

Advertisement

shadow

Berita terkait