Archives

Perusahaan Gas Negara (PGAS) Raih Dua Penghargaan CSR 2017

0 0 0

JAKARTA— Emiten energi, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS) atau PGN berhasil meraih dua penghargaan pada acara Top CSR Award 2017.

Pertama, dalam kategori Rural Economic Development, PGN meraih penghargaan sebagai Top CSR 2017 on Nawacita 7. Kedua, Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso terpilih sebagai pemenang dalam kategori Top Leader on CSR Commitment.

Penghargaan yang diterima PGN ini menjadi bukti dari komitmen perusahaan untuk mendukung program Nawacita yang dilaksanakan oleh Pemerintah.  Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan,sebagai BUMN Gas Bumi, perseroan senantiasa mengembangkan berbagai program corporate social responsibility (CSR) yang ditujukan untuk memberdayakan potensi ekonomi masyarakat.

Program ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menjadi solusi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Tujuan utama setiap program CSR PGN adalah ikut berperan aktif dan mengambil iniasitif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kemandirian energi dan upaya konservasi lingkungan,” ujar Hendi dalam keterangan resmi yang dikutip, Jumat (7/4/2017).

Menurut Hendi, PGN turut menyukseskan program Nawacita 7 untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis pada ekonomi domestik. Salah satunya adalah Program Desa Binaan yang bertujuan membangun kemandirian masyarakat sekitar Offtake Station PGN.

Sampai saat ini, program Desa Binaan telah dilaksanakan di empat lokasi Offtake Station Utama PGN, yakni Station Bojonegara, Serang, Banten; Station Pagardewa, Muara Enim, Palembang, Sumatera Selatan; Station Labuhan Maringgai, Lampung; dan Station Panaran, Batam.

Adapun, kegiatan Desa Binaan antara lain melakukan pembuatan dan pelatihan kelembagaan masyarakat, pelatihan keterampilan untuk masyarakat, dan pengembangan usaha masyarakat.

Sebagai inisiatif perusahaan, PGN juga melaksanakan program CSR untuk menyukseskan Program Nawacita lainnya, yakni Nawacita 5 (meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia) dan Program Nawacita 6 (meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional), antara lain Program Mobil Sehat di 12 lokasi, Program Posko Kesehatan, Program Pengembangan Tenun Ikat Garut, dan Program Pembuatan Pembangkit  Listrik Tenaga Mikro Hidro.

Program CSR PGN juga menjadi bagian dari  komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan standar pelaksanaan good corporate governance (GCG). Terbukti, nilai GCG PGN setiap tahun terus meningkat yaitu mencapai 93,938% pada 2016, lebih besar dibandingkan 2015 yang mencapai 92,14%.

Enik Indriastuti, Head of Division CSR PGN, mengatakan setiap program CSR yang dijalankan perusahaan selalu mengacu pada 8 pilar CSR PGN. Kedelapan pilar tersebut dijalankan dengan melewati tiga tahap antara lain Perencanaan seperti Roadmap CSR dan Social & Stakeholder Mapping; Pelaksanaan seperti evaluasi, survei, dan pemberian bantuan; serta pelaporan yang dilakukan secara bertahap.

“Pilar-pilar tersebut adalah  bantuan terhadap korban Bencana Alam, bantuan dalam bidang Pendidikan, bantuan Peningkatan Kesehatan, bantuan Pengembangan Prasarana dan Sarana Umum, bantuan Sarana Ibadah, Pelestarian Alam, Sosial Kemasyarakatan, dan Pengembangan UKM,” ujar Enik.

Top CSR Award 2017 diadakan oleh Business News dengan berdasarkan oleh ISO 26000: Guidance Standard on Social Responsibility.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *