Connect with us

MARKET & REKOMENDASI

Bank-bank BUMN Segera Turunkan Bunga Deposito

Published

on

Photo: Istimewa

FINROLL.COM, Bank Indonesia (BI) telah kembali menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,25 persen.

Kebijakan ini diharapkan dapat segera tertransmisi dengan penurunan suku bunga perbankan. Bank sentral pun menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 3,5 persen.

Adapun suku bunga lending facility turun 25 basis poin menjadi 5 persen.

Terkait penurunan suku bunga acuan tersebut, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menyatakan, perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bakal menurunkan suku bunga deposito secara serentak. Kebijakan ini akan diterapkan dalam waktu dekat.

"Kami sepakat akan taruh (suku bunga deposito) di kisaran 6,35 persen dari sekarang 6,75 persen," kata Kartika di Menara Mandiri, Senin (25/9/2017).

Pemangkasan suku bunga deposito tersebut, imbuh Kartika, berlaku untuk special rate.

Sekedar informasi, special rate adalah suku bunga yang khusus diberikan kepada nasabah dan biasanya lebih tinggi dari suku bunga normal.

Suku bunga deposito bank-bank besar yang masuk dalam kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV adalah 6,75 persen. Kartika mengaku, special rate Bank Mandiri untuk deposito saat ini mencapai 80 persen.

Namun begitu, Kartika menyatakan belum bisa memastikan kapan penurunan suku bunga ini akan diterapkan. Akan tetapi, ia memastikan kebijakan ini akan mulai berlaku sebelum akhir tahun ini.

Meskipun demikian, imbuh Kartika, bank-bank besar harus hati-hati dalam menurunkan suku bunga deposito. Bank harus mencermati suku bunga yang dipatok dan produk simpanan yang ditawarkan bank lain.

Ia menyatakan, dengan langkah ini diharapkan biaya dana perbankan dapat turun. Pun akhirnya suku bunga kredit perbankan juga bisa turun.

Dia adalah jurnaslis senior khusus di bidang polhukam dan ekonomi

Trending Stories