shadow

Bursa Efek Jakarta

Bursa Efek Jakarta atau biasa yang kita kenal sekarang ini adalah Bursa Efek Indonesia merupakan tempat atau wadah bagi para pelaku saham untuk memperdagangkan atau memperjualbelikan setiap saham/efek yang mereka miliki dan ingin beli. Bursa Efek Jakarta terletak di Jakarta dan memperdagangkan efek diseluruh Indonesia.

Bursa Efek Jakarta yang sekarang memiliki nama Bursa Efek Indonesia merupakan gabungan dari Bursa Efek Indonesia dengan Bursa Efek yang berada di Surabaya yaitu Bursa Efek Surabaya.

Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya resmi bergabung pada tanggal 1 Desember 2007 lalu dan akhirnya berganti nama menjadi Bursa Efek Indonesia.

SEJARAH BURSA EFEK JAKARTA

Bursa Efek Jakarta pertama dibentuk pada zaman Hindia Belanda dulu tepatnya pada tahun 1912 di Batavia. Bursa Efek Jakarta pada zaman dahulu agak sedikit terganggu suasananya karena pada saat itu Indonesia masih dalam suasana perang dan akhirnya sempat tutup hingga pada akhirnya Bursa Efek Jakarta kembali dibuka pada tahun 1977 dibawah pengawasan Bapepam. Kemudian pada tahun 13 Juli 1992, Bursa Efek Jakarta mengalami privatisasi dengan didirikannya PT. Bursa Efek Jakarta. Disinilah awal mulanya Bursa Efek Jakarta aktif kembali melakukan perdagangannya. Pada tahun 1995 perdagangan elektronik di Bursa Efek Jakarta akhirnya dimulai.

 

Nilai saham Bursa Efek Jakarta pada tahun-tahun krisis sempat jatuh ke 300 poin tepatnya pada kejatuhan orde baru, namun pada tahun 2006 nilai saham di Bursa Efek Jakarta melonjak hingga 1500 karena sentimen pasar yang positif terhadap pelantikan presiden RI yang baru pada saat itu. Pada tahun 2007 Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya mengalami proses merger yang akhirnya berganti nama menjadi Bursa Efek Indonesia dan mengakibatkan Indonesia memiliki satu pasar modal yang terpusat. Bursa Efek Jakarta biasa digunakan sebagai pasar saham sementara Bursa Efek Surabaya digunakan sebagai pasar derivatif dan obligasi.

 

INFORMASI BURSA EFEK JAKARTA

Bursa Efek Jakarta menyediakan informasi dan berita mengenai pergerakan saham dan pasar modal yang bergerak di Bursa Efek Jakarta melalui media cetak maupun elektronik. Indeks harga saham menjadi topik favorit publik yang harus diketahui perkembangannya setiap saat. Bursa Efek Jakarta memiliki 6 jenis saham yang diperdagangkan seperti berikut ini :

 

  • IHSG, menggunakan semua saham tercatat sebagai komponen kalkulasi Indeks.
  • Indeks Sektoral, menggunakan semua saham yang masuk dalam setiap sektor.
  • Indeks LQ45, menggunakan 45 saham terpilih setelah melalui beberapa tahapan seleksi.
  • Indeks Individual, yang merupakan Indeks untuk masing-masing saham didasarkan harga dasar.
  • Jakarta Islamic Index, merupakan Indeks perdagangan saham syariah.
  • Indeks Kompas100, menggunakan 100 saham pilihan harian Kompas.

 

Bursa Efek Indonesia yang dulunya merupakan hasil penggabungan Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya menggunakan sistem perdagangan yang memiliki sebutan Jakarta Automated Trading System dari 22 Mei 1995 yang telah menggantikan sistem manual. Bursa Efek Indonesia ini sendiri terletak di Jl. Jend. Sudirman Jakarta.

 

Sistem perdagangan Bursa Efek Jakarta berbeda denganJakarta Islamic Index. Jakarta Islamic Index lebih mengedepankan saham-saham yang telah memenuhi prasyarat syariah dibandingkan saham di Bursa Efek Jakarta. Sejarah JII sendiri terpaut dengan Bursa Efek Jakarta dimana pembentukan Jakarta Islamic Index adalah hasil kerja sama antara PT. Bursa Efek Jakarta dan PT. Danareksa Investment. JII dikembangkan sejak tahun 2000. Pembentukan pasar modal syariah di Indonesia mengawali  aktifnya Jakarta Islamic Index pada tanggal 14 Maret 2003 lalu.

 

Tujuan pembentukan Jakarta Islamic Index berbeda dengan Bursa Efek Jakarta, JII lebih ditujukan untuk kepercayaan para investor yang ingin melakukan investasi saham yang menggunakan metode syariah dan pemodalpun akan mendapatkan profit.

 

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

usdjpyh1
Double Top USDJPY picu bearish
shadow

USDJPY menguji resistance high kemarin di level 103.07. Namun hari ini, kekuatan bullish sepertinya mulai memudar. Kegagalan menguji dan menembus high …


Analisa Fundamental

saham asia
Data manufaktur Tiongkok dorong bursa saham Asia naik
shadow

ionkok daorong bursa saham naik Bursa saham regional di wilayah Asia  masih mempertahankan kenaikannya ditopang oleh membaiknya data manufaktur Tiongkok …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait