shadow
Ekonomi Negeri Tirai Bambu

Ekonomi Cina

Ekonomi CinaEkonomi Cina merupakan suatu gambaran terkini mengenai situasi perekonomian dari Negara Tirai Bambu atau Negara Cina. Cina adalah sebuah Negara dengan luas yang sangat besar dan memiliki pertumbuhan dan jumlah penduduk terbesar di dunia. Dengan penduduk yang jumlahnya sangat besar maka tidak heran jika pertumbuhan ekonomi Cina juga turut meningkat dari tahun ke tahun. Tapi sama seperti Negara lain bahwa perekonomian di Cina juga bisa mengalami penurunan bisa disebabkan oleh krisis atau situasi lain seperti bencana dan kenaikan inflasi juga bisa menyebabkan perekonomian Negara menjadi melemah dan membuat rakyat akan menjadi sengsara.

Ekonomi Cina sebagai Negara komunis

Cina dengan sejarah dan perangkat histori lainnya telah dikenal sebagai Negara komunis. Ekonomi Cina juga diterapkan dengan prinsip komunis namun perekonomian di Negara tesebut saat ini telah menjadi swasta dan diibaratkan sebagai perusahaan swasta semenjak 30 tahunan yang lalu. Pemerintahan Negara masih memantau ekonomi Cina secara political terutama jika bekerja sama dengan perusahaan lain yang dimiliki oleh pemerintah ataupun dari bisnis perbankan. Jika dilihat dari sisi politik ekonomi Cina masih tetap dikuasai oleh pemerintahan dari satu partai tertentu. Cina dengan segala kelebihannya terrutama dalam sisi SDM membuat Negara ini bisa menjadi Negara yang terdepan dalam setiap situasi terutama dalam perekonomian Negara tersebut.

Ekonomi Cina terkini

Republik Cina saat ini dicirkan sebagai Sosialisme dengan disertai ciri dari Negara Cina itu sendiri. Sekitaran tahun 1978 ekonomi Cina diperbaharui karena prinsip ekonomi yang lama masih diatur oleh ekonomi terencana pemerintahan Soviet kepada ekonomi yang lebih mementingkan minat pasar. Tetapi hal ini masih saja menjadi bahan politik yang masih mengikuti kaidah komunis dari Partai Komunis Cina. Sehingga prinsip ekonomi Cina sudah sedikit lebih fleksibel jika dibandingkan dengan system ekonomi Cina yang masih memakai prinsip Uni Soviet zaman dahulu. Dengan fleksibiltas ekonomi Cina saat ini  menjadikan adanya peningkatan kekuasaan dari para pejabat yang berkuasa dan juga menambah posisi manajer pada sector perindustrian.

Ekonomi Cina di mata pemerintah Cina

Ekonomi Cina yang sudah lebih fleksibel dibanding system perkonomian dulu membuat perekonomian Cina saat ini jauh lebih terbuka. tetapi dalam hal tertentu pemerintah Cina lebih mengutamakan persamaan ketika mereka memulai membangun system ekonominya. Pemerintahan CIna lebih suka menambah pendapatan pribadinya dan konsumsi mereka untuk suatu pengaturan manajemen baru untuk meningkatkan produktifitas mereka. Pemerintahan Cina lebih suka untuk mengutamakan kepentingan asing terutaman perdagangan dengan Negara lain sebagai modus utama pertumbuhan ekonomi Cina. Akhirnya mereka menyusun strategi dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi mereka dengan cara membangun sekitar 2000 lebih Zona Ekonomi Khusus yang memiliki kelonggaran dalam hukum investasi di Negara tersebut.

Advertisement

shadow

Berita terkait