shadow
Dolar AS

Harga Dolar

Harga dolarHarga dolar merupakan harga dari mata uang terbesar di seluruh dunia. Dolar merupakan suatu mata uang terbesar diseluruh dunia. Dengan system perdagangan di dunia yang berlangsung setiap hari membuat harga dolar menjadi harga mata uang yang utama di seluruh dunia. Perdagangan valuta asing di seluruh dunia setiap hari terus berlangsung dan menjadi system perdagangan yang memiliki penjual dan pembeli terbanyak di seluruh dunia. Suasana perdagangan di seluruh dunia yang bisa berubah dari waktu ke waktu membuat harga dolar bisa saja berubah tergantung dari permintaan pasar dan kondisi suasana pasar di seluruh dunia.

Harga dolar pada zaman dahulu

Harga dolar memiliki sejarah yang rumit dalam perkembangannya menjadi dolar AS. Dolar Amerika dulu adalah satuan uang yang memiliki nilai historical yang sangat tinggi. Pada masa revolusi Amerika dulu, dolar Spanyol yang terlebih dulu digunakan sudah mendapatkan signarture karena Spanyol telah disupport oleh uang kertas yang resmi dari para koloni individu dan juga Kongres Kontinental umum. Dulu di koloni Virginia dolar Spanyol adalah salah satu alat pembayaran yang sah padahal Virginia masuk kedalam daera Amerika Serikat. Sekitaran tahun 1972 Menteri Keuangan Amerika Serikat telah memberitahukan kepada Kongres sekitaran jumlah terkini dari perak yang ditemukan pada koin yang umum digunakan Negara Amerika Serikat. Sehingga muncul definisi baru yang menyatakan bahwa bahwa 1 dolar adalah sekitar 371 butir perak

Harga dolar merupakan sebuah harga mati bagi pemerintahan Amerika, dengan banyaknya mata uang yang berdasarkan perhitungan dolar membuat pemerintah Amerika harus menjaga kestabilan ekonominya di mata dunia. Harga dolar di setiap Negara sangat bermacam-macam. Ada yang mengungguli dolar seperti Pounds dan Euro dan juga ada yang tersungkur dari dolar seperti Rupiah. Harga Rupiah saat ini di kisaran Rp. 9500 per dolar nya. Hal ini sungguh sangat tidak enak bagi masyarakat Indonesia karena beberapa harga yang menggunakan perhitungan harga dolar juga menjadi naik.

Harga dolar di Indonesia

Menginjak jelang akhir tahun 2012 ini, Rupiah mengalami penurunan yang cukup tinggi terhadap dolar. Pada saat ini dolar menginjak Rp. 9500 per dolarnya dan kemungkinan pelemahan Rupiah masih sangat tinggi. Disamping tekanan inflasi Indonesia yang fluktuatif juga harga kebutuhan pokok yang naik turun membuat harga dolar menjadi semakin naik terhadap mata uang Indonesia yaitu Rupiah. Pemerintah telah melakukan segala macam cara untuk menstabilkan kondisi Rupiah karena dengan melemahnya Rupiah terhadap harga dolar membuat harga harga kebutuhan pokok melonjak dan sungguh sangat menyengsarakan rakyat Indonesia. Pada akhir zaman orde baru kemarin harga dolar sempet menyentuh Rp. 17.000 per dolarnya.

Advertisement

shadow

Berita terkait