shadow
Harga Dolar

Harga Dollar

Harga dollarHarga dollar adalah suatu nilai dari mata uang terbesar di dunia yaitu mata uang Amerika Serikat yang biasa kita kenal dengan Dollar AS. Dollar AS menjadi mata uang terbesar di dunia karena  dollar adalah mata uang yang biasa di perdagangkan didalam pasar bursa saham. Di seluruh dunia, penggunaan harga dollar adalah hal yang mutlak, mengapa? Karena dollar adalah mata uang yang menjadi panutan bagi seluruh perdagangan bursa mata uang di seluruh dunia. Dengan adanya harga dollar maka proses perdagangan kurs valas atau yang biasa kita kenal dengan kurs valuta asing menjadi lebih mudah dan menjadi lebih terfokus nilainya terhadap suatu nilai mata uang atau kurs valas.

Harga dollar dengan mata uang lain

Harga dollar dibandingkan dengan mata uang lain sungguh sangat jauh berbeda. Ada mata uang yang sifatnya melebihi dari nilai dollar AS yaitu :

  • Poundsterling
  • Euro

Sedangkan ada beberapa mata uang atau kurs valas lain yang nilainya terhadap dolar jauh melemah seperti mata uang Indonesia saat ini yaitu Rupiah. Saat ini nilai Rupiah terhadap Dollar AS mencapai Rp. 9500 per dolar nya. Mengapa terjadi demikian? Karena harga dollar terhadap Rupiah saat ini sedang mencapai kenaikan yang bisa disebabkan oleh hal yang bermacam-macam.

Rupiah terhadap harga dollar

Harga dollar terhadap rupiah memang terus nilainya ber-fluktuatif, kadang bisa naik kadang bisa turun tergantung situasi yang sedang menerpa dunia. Misalkan saja jika harga minyak dunia sekarang sedang naik bisa saja nilai Rupiah terhadap dollar pun akan menurun. Tetapi biasanya jika harga dollar sedang naik terhadap mata uang lain diseluruh dunia maka bisa saja malah harga emas yang menjadi turun. Sudah hal yang umum dimana harga emas maka harga dollar pun turun, begitu juga sebaliknya jika harga dollar turun maka harga emas dunia juga akan turun. Dengan dollar sebagai mata uang panutan maka sistem perekonomian Indonesia dapat diprediksi dengan baik, apabila harga dollar terhadap Rupiah mengalami kenaikan yang akhirnya menyebabkan harga rupiah terhadap dollar malah menurun, maka otomatis sistem perdagangan di Indonesia akan mengalami semacam spekulasi oleh para investor atau pun para pemegang saham forex. Dimana Rupiah akan mengalami kejatuhan maka orang ramai-ramai menjual Rupiah untuk membeli Dolar yang nilainya akan segera melonjak.

Pengaruh harga dollar di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa harga dollar adalah acuan bagi perekonomian Indonesia, selain inflasi Indonesia yang terus meningkat atau menjadi penurunan disetiap waktunya. Harga dollar adalah indikator resmi perekonomian Indonesia. Dollar menjadi mata uang panutan di seluruh Indonesia karena harga dollar merupakan harga yang dipakai juga di seluruh dunia. Dengan harga dollar yang terus meningkat terhadap Rupiah maka tidak bisa dihindari lagi bahwa harga harga kebutuhan di lapisan masyarakat akan mengalami kenaikan yang tidak semestinya. Bahkan jika harga dollar melampaui jauh harga rupiah bukan menjadi hal yang mustahil akan terjadi krisis ekonomi kembali seperti pada tahun 1998 lalu dimana harga dollar nya per rupiah mencapai Rp. 19000 . Disaat itu harga harga kebutuhan pokok menjadi sangat tinggi dan banyak masyarakat yang menjadi stres akan kondisi ekonomi saat itu. Akhirnya tingkat inflasi di Indonesia pun akan meningkat dan minat atau daya beli masyarakat Indonesia akan menurun karena harga harga menjadi sangat mahal karena sebab yaitu naiknya harga dollar.

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

perak,22juli2014
Perak dalam atmosfir bearish
shadow

Pergerakan Perak pada chart 4 jam masih nampak flat meski cenderung tertekan dengan support awal, 20.70, lalu 20.55. tes berikut zona SMA 200 (20.48). …


Analisa Fundamental

saham asia
Bursa saham kembali ke jalur bullish
shadow

Bursa saham di wilayah Asia pada pada hari ini kembali ke jalur penguatannya seiring aktifnya lagi pasar Jepang pasca libur hari kemarin. Dorongan kenaikan …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait