shadow


harga_emasHarga emas
menjadi salah satu trend sendiri di dunia setiap harinya karena salah satu komoditi ini dapat digunakan sebagai alat tukar ataupun menjadi salah satu objek perdagangan atau yang diperdagangkan. Di Indonesia sendiri sangat populerkan dengan istilah harga emas Antam, mengapa demikian? Karena emas yang dihasilkan perusahaan ini adalah salah satu yang terbaik dan dapat dipercaya seputar berat dan karat yang dipergunakan. Dalam pasar komoditi logam mulia, emas menjadi salah satu komoditi yang sangat populer. Menurut beberapa sejarah bangsa bangsa dahulu kala, emas sendiri menjadi salah satu yang kita sebut sebagai mata uang dikala itu.

Harga emas terkini di dunia dapat berubah sewaktu-waktu, mengikuti berbagai trend yang sedang berlangsung dan salah satu komoditi termahal yang diperdagangkan. Berbagai macam emas diperdagangkan di bursa komoditi logam mulia seperti :

  • Emas Perhiasan
  • Emas Batangan
  • Emas Putih
  • Emas Murni
  • Emas 24 Karat

Beragam emas yang diperjualbelikan terrsebut juga memiliki beragam peminat dari berbagai kalangan. Hingga saat ini betapa mahalnya harga emas pun, emas masih menjadi primadona bagi para pelanggannya. Dalam bursa komoditi, yang dipergunakan dalam penghitungan emas adalah harga emas batangan. Emas ini dapat anda beli / pesan di perusahaan tambang seperti PT. Antam dan lainnya.

Faktor yang membuat harga emas turun naik

  1. Target Inflasi suatu negara ternyata meleset
    Satu hal yang membuat harga emas turun naik salah satunya adalah target inflasi suatu negara yang meleset dari perkiraan yang telah diprediksi. Harga emas bisa saja melonjak tinggi ketika negara mengumumkan inflasi yang akan dicapai pada suatu waktu namun keadaan ekonomi yang kacau membuat inflasi yang telah ditargetkan ternyata salah dan menjauh dari perkiraan. Emas akan semakin dicari-cari dan harga emas yang tadinya stabil akan segera melonjak.
  2. Adanya kenaikan harga – harga kebutuhan atau kebutuhan finansial
    Naiknya harga harga barang kebutuhan tentunya turut menjadi faktor yang mendorong pergerakan harga emas. Misalnya saja di Indonesia ketika terjadi kerusuhan pada tahun 1998 dulu yang mengakibatkan Rupiah menembus level yang tidak wajar mencapai 18.000, pada saat itu harga emas sangatlah mahal karena emas susah dicari dan juga faktor harga harga kebutuhan pokok yang turut mempengaruhi harga emas.
  3. Harga minyak dunia
    Faktor harga minyak dunia juga berandil besar dalam menentukan harga emas. Harga minyak yang naik mendorong harga emas ikut naik. Terlebih jika terjadi kekacauan dalam satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar seperti yang sekarang ini terjadi di Selat Hormuz bisa membuat harga emas yang tadinya stabil akan melonjak tinggi mengikuti kenaikan harga minyak.
  4. Meningkatnya ‘demand’ akan emas
    Permintaan emas yang melonjak akan membuat harga emas terus berkembang naik. Jika terjadi permintaan emas yang signifikan di seluruh dunia bisa membuat harga emas akan terus melonjak sampai permintaan menurun. Banyak negara negara pengolah emas dan juga pemakai emas terbanyak. Contoh negara yang memakai emas terbanyak yaitu India dan Cina.
    Kondisi dan stabilitas ekonomi dunia
  5. Seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun-tahun lalu merupakan tahun keterpurukan bagi sebagian negara di Eropa dan Amerika. Terlebih ketika krisis ekonomi global mendera dunia pada tahun 2010 lalu. Keadaan yang demikian membuat harga emas bisa turut melonjak dibanding biasanya. Situasi terparah yang belakangan terjadi seperti penyerangan AS terhadap negara Irak, salah negara pengekspor minyak terbesar. Akibatnya para pemain saham yang tadinya mengandalkan mata uang sebagai komoditas sahamnya kemudian beralih bermain saham menggunakan emas ataupun investasi emas. Hal ini mendorong permintaan akan emas naik dan harga emas akhirnya melonjak cukup tajam pada saat itu.
  6. Kurs Dollar
    Dollar merupakan mata uang utama di dunia. Sebagai mata uang terbesar dan menjadi dasar perhitungan mata uang di seluruh dunia menjadikan Dollar harus tetap stabil karena pergerakan Dollar turut menggerakkan harga emas. Perlu diketahui juga krisis keuangan yang menimpa Amerika 2 tahun terakhir membuat Dollar sedikit melemah terhadap mata uang lain di dunia. Ketika Dollar melemah maka harga emas yang tadinya stabil  dan rendah akan melonjak tinggi.

Perbandingan Harga Emas dan Harga Perak

Harga emas tentunya berbeda dengan harga perak, meskipun kenaikan harga emas akan mengiringi harga logam mulia lain seperti harga perak. Harga emas dan perak bisa beriringan karena logam mulia merupakan aset terbaik untuk melindungi nilai tukar terhadap inflasi, deflasi ataupun devaluasi. Harga logam mulia seperti emas atau harga emas terus meningkat setiap tahunnya. Malahan terjadi peningkatan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan zaman dahulu harga emas saat ini sangatlah tinggi.

Pada zaman dulu sekitar 1792, rasio perbandingan antara harga emas dan harga perak yang dipatok UU Amerika itu dipatok sekitar 1 : 15, artinya jika kita memiliki 1 troy ons emas maka kita bisa menukarkan emas kita tersebut dengan perak sekitar 15 troy ons. Hal ini turut mendorong negara Perancis ikut mematok harga yang sama dengan amerika sekitar 1 : 15. Tetapi nyatanya pada hari ini atau tepatnya pada abad ke-20 sekarang harga emas dan perak berbanding jauh sekitar 1 : 47. Namun sejak 2009 kemarin tercatat nilai perak yang mendekati dengan harga emas. Perak mengalami under-value dan terus mengejar ketinggalan harganya dengan harga emas.

Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih

Emas adalah salah satu logam mulia yang memiliki harga yang tinggi, harga emas sendiri memiliki faktor yang dapat dipengaruhi seperti yang sudah diatas, Emas adalah logam mulia yang sudah ditemukan sejak dahulu. Logam emas yang juga bisa disebut dengan logam mulia emas memiliki simbol dalam daftar unsur Kimia dengan simbol yang biasa diketahui dengan simbol Au dan memiliki nomor atom 79. Emas kuning memiliki tekstur yang keras jika anda bandingkan dengan logam timah namun masih sedikit lebih lunak jika dibandingkan dengan logam perak. Jika anda sering mendengar kata emas 24 karat, maka karat yang dimaksud adalah tingkat kemurnian dari emas itu sendiri. Jika anda memiliki emas 24 karat asli, maka dapat dipastikan bahwa emas tersebut adalah 100% emas murni dan tidak memiliki campuran logam lainnya. Namun lain halnya dengan emas perhiasan, emas perhiasan pada umumnya memiliki campuran dengan logam lainnya sehingga dapat ditemukan perhiasan emas 18 karat yang bisa diartikan adalah emas yang dikandungnya hanya memiliki 75% dari total 24 karat tadi.

Author

Financeroll
Financeroll

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 215A2918
shadow

Related Posts