shadow

Harga Logam MuliaHarga LM seperti emas yang fluktuatif pada tahun kemarin membuat prediksi pada tahun 2012 ini menjadi sedikit membingungkan dibarengi kondisi ekonomi global yang terpuruk akibat krisis utang di berbagai negara diantaranya di benua Eropa yang berimbas pada zona Euro, namun meskipun harga LM seperti emas belakangan ini harganya menurun tetapi logam mulia yang satu ini tetap menjadi sebuah komoditi yang mendapat gelar juara sebagai komoditi utama yang trendnya sangat baik.

HARGA LM

Harga LM emas rata-rata pada tahun kemarin sekitar 1.569,88 Dollar per ounce-nya. Harga emas tertinggi tercatat pada tanggal 6 September ketika harga emas mencapai 1.921,15 per ounce-nya. Sementara harga LM emas terendah tercatat pada tanggal 28 Januari di posisi 1.308,25 per ounce-nya.

Pada awal tahun 2011 hingga akhir bulan ke-6 pada tahun 2011 hanya sedikit pergerakan yang terjadi pada harga LM emas sehingga harga emas berada pada posisi yang stabil, tetapi ketika memasuki bulan berikut hingga akhir tahun keadaan harga LM emas berubah, kondisi ini berlangsung sangat kritis pada bulan Agustus dan September. Harga LM emas menjadi turun sebesar 7% pada September jika dibandingkan dengan harga LM emas sekitar bulan juli yang mencapai kenaikan sekitar 4%. Harga emas tersebut mencapai kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan harga LM emas yang tercatat pada tahun 2010 yang mencapai sekitar 1.225 per ounce.

Biro Ekonomi dan Sumber Daya Australia memberikan prediksinya mengenai harga LM emas, mereka menyebutkan bahwa harga LM emas tahun ini akan meningkat sekitar 17 % atau mencapai 1.850 Dollar per ounce-nya, keadaan ini juga diikuti dengan naiknya produksi emas juga yang terjadi di Amerika Latin dan Afrika yang produksi emasnya meningkat sekitar 3%. Tingkat suku bunga yang rendah di Amerika Serikat dan China turut andil memberikan pengaruh harga LM emas, bank sentral dunia yang merubah portofolio mereka, faktor lain juga turut dipengaruhi dari aktifitas negara-negara berkembang yang meneruskan investasinya.

Berbagai pihak banyak yang menyebutkan bahwa harga emas akan kembali mencetak rekor pada tahun 2012 ini seperti yang dikatakan Kepala pialang emas Goldman Sachs dan dia memperkirakan harga LM emas akan melewati harga LM emas dibandingkan tahun lalu. Permintaan bank sentral dan investor terhadap emas juga turut mempengaruhi harga LM emas, Goldman Sachs juga menyebutkan bahwa dia dan pialang emas lain siap memberikan harga LM emas yang rendah pada awal tahun ini.

PERDAGANGAN EMAS

Perdagangan emas pada akhir tahun kemarin membuat harga LM emas mengalami penurunan tipis, sementara harga LM lain dan pasar saham juga turut dipengaruhi harga LM emas. Pada perdagangan yang terjadi pada pasar spot, harga LM emas turun 0.5% menjadi sekitar 1.585,70 per ounce. Pada prediksi 2012 ini, harga LM seperti emas diperkirakan akan mencapai kenaikan yang signifikan sekitar 2000 dollar seperti yang dilangsir dari Survei GFMS yang diadakan oleh kantor berita Reuters. Harga ini diperoleh dari hasil musyawarah para pemilik tambang dan hasil riset, pengolah dan para pedagang emas seluruh dunia. Diharapkan pada pelaku pasar untuk tidak terlalu optimis terhadap kenaikan hingga 2000 dollar karena harga LM emas masih bisa saja tetap fluktuatif.

Keadaan sekarang membuat para investor tetap menunggu kenaikan yang diprediksi hingga sekitar 2000 dollar tersebut, karena mengingat harga emas yang saat ini di 1.660 dollar AS saat ini, Kondisi kenaikan akan tercapai jika saja kondisi harga LM emas tidak mengalami penurunan yang drastis.

INFORMASI EMAS

Subscribe to RSS headline updates from:
Powered by FeedBurner

Berita terkait