shadow

Harga Minyak 2012 Harga minyak diawal 2012 ini akan mengalami kenaikan tipis setelah Uni Eropa memberlakukan sanksi embargo kepada Iran, sanksi tersebut berlaku mulai 1 Juli 2012. Kebijakan ini akan membuat harga minyak dunia yang saat ini turun akan kembali naik. Harga minyak jenis light sweet berikut harga kontraknya naik menjadi 0.28% atau sekitar 99.82 dollar per barrel di New York. Peningkatan harga ini kembali melanjutkan pergerakan harga minyak pada Senin yang mencapai 1.3% menjadi sekitar 99.58% per barelnya.

Analis pasar Ariana Nur Akbar memberikan komentarnya terhadap kondisi ini dan memprediksi, minggu depan harga minyak kemungkinan akan mencapai kisaran 100 dollar per barrel. Kenaikan harga minyak akan membuat pasokan minyak berkurang apalagi Iran terkena embargo yang diprakarsai Uni Eropa. Analis lain menilai, harga minyak yang belakangan naik tergantung dari sikap Iran terhadap sanksi embargo yang dijatuhkan Uni Eropa. Jika Iran menanggapinya, apalagi Iran juga mengancam akan menutup Selat Hormuz, harga minyak akan naik tak terkendali.

Ariana menambahkan bahwa peluang meningkatnya harga minyak juga masih terpengaruh oleh kondisi dari krisis utang Eropa, menurutnya kenaikan masih dapat terkontrol karena seharusnya kondisi harga minyak masih dalam tahap penurunan. Semakin lamanya proses penyelesaian krisis yang melanda Eropa akan semakin membuat harga minyak terus menurun. Eropa yang terus menerus khawatir masih mempengaruhi harga minyak.

Karena kondisi ekonomi Eropa yang hingga kini masih terus lesu membuat permintaan minyak dan harga minyak terus menurun dibanding biasanya, karena negara-negara Eropa merupakan pengimpor terbanyak setelah negeri bambu Cina. Berdasarkan laporan dari Departemen Energi Amerika Serikat, negara-negara Eropa tercatat melakukan impor sekitar 450.000 barrel per hari pada 6 bulan pertama tahun 2011 kemarin.
Saat ini para pelaku pasar sedang gencarnya menunggu proses restrukturisasi utang Yunani. Negara tersebut menawarkan kupon obligasi terbaru bersama dengan kreditur internasional seperti IMF dan Uni Eropa senilai diatas 3.5%. Permasalahannya terletak pada investor-investor swasta yang sedang memegang obligasi karena mereka menolak dan meminta kupon minimal 4% dibanding yang ditawarkan pemerintah Yunani. Karena sebab itulah kondisi disana belum mencapai kesepakatan hingga saat ini.

Sementara jika pihak Yunani dan investor telah mencapai kesepakatan harga minyak mentah berpeluang naik, tetapi jika kesepakatan tidak kunjung datang makan bersiaplah harga minyak akan turun bahkan anjlok. Oleh sebab itulah dalam jangka waktu yang lama atau setidaknya hingga akhir kuartal pertama tahun ini, harga minyak berpeluang masih akan turun menyikapi kondisi antara Yunani dan investor saat ini yang jatuh temponya sekitar bulan Maret 2012. Prediksi jangka pendek menyebutkan harga minyak tetap akan melebihi 100 Dollar per barrel-nya jika memperhatikan kondisi di Iran.


HARGA MINYAK

 

 
Pada Januari hingga Maret tahun 2012 diperkirakan harga minyak berada di sekitar 90 – 150 dollar per barrel-nya. Tetapi Ariana memperkirakan yang terjadi hingga akhir kuartal pertama tahun ini bahwa harga minyak akan tetap berada pada posisi 97-92 Dollar per barrel nya, sedangkan setinggi-tingginya harga minyak tetap akan bertahan pada posisi 102.8 Dollar per barrel.

Harga minyak akan terus tetap pada jalurnya yaitu tetap pada tren turunnya seiring aksi para investor terhadap Yunani, namun harga minyak bisa saja menjadi naik dan bisa mencapai 150 dollar per barel jika Iran merespon sanksi embargo yang dijatuhkan terhadap negara tersebut.

Informasi terkini Seputar Minyak


Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

Analisa Fundamental

yellen
Fokus pasar tertuju pada pernyataan Janet Yellen
shadow

  Mata uang dolar Amerika pada perdagangan di pasar Eropa ini cenderung bergerak konsolidasi terhadap major currencies setelah rally panjang di pekan …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait