shadow
informasi harga saham terkini

harga saham

Harga Saham adalah harga dari suatu saham yang ditentukan pada saat pasar saham sedang berlangsung dengan berdasarkan kepada permintaan dan penawaran pada saham yang dimaksud.

Harga saham yang berlaku di pasar modal biasanya ditentukan oleh para pelaku pasar yang sedang melangsungkan perdagangan sahamnya. Dengan harga saham yang ditentukan otomatis perdagangan saham di bursa efek akan berjalan.

Sementara saham sendiri adalah suatu kepemilikan aset seperti instrumen dari kegiatan finansial suatu perusahaan yang biasa disebut juga dengan efek. Harga saham dari suatu perusahaan tentu saja berbeda-beda tergantung bagaimana suatu perusahaan tersebut nilai jualnya di bursa saham.

Harga saham : Tempat Membeli Saham

Untuk dapat mengetahui harga saham atau membeli saham, masyarakat dapat memperoleh informasi di :

  • Bursa Efek Indonesia / IDX (Indonesia Stock Exchange) – Indonesia
  • NYSE (New York Stock Exchange) – New York, Amerika Serikat
  • Nasdaq (Nasdaq Stock Exchange – Amerika Serikat
  • SEAQ (Stock Exchange Automatic Quotation) – London
  • Euronext – Paris, Amsterdam, Brussels
  • TSE (Tokyo Stock Exchange) – Tokyo
  • SGE (Singapore Exchange) – Singapura

 

Dengan harga yang sudah ditentukan pada perdagangan saham maka proses transaksi saham tersebut akan berjalan sesuai harga saham tersebut. Untuk perdagangan saham di Indonesia harga saham yang ditentukan adalah 1 lot / saham nya. 1 lot saham adalah 500 lembar saham.

Bagi orang yang baru saja berkecimpung dalam dunia saham mungkin agak sedikit kebingungan dengan adanya dua harga yang berlaku pada harga saham. Harga tersebut adalah harga Bid dan Offer. Bid dan Offer adalah seperti layaknya proses tawar menawar dalam membeli barang biasa. Harga bid adalah harga saham yang ditentukan oleh para calon pembeli saham atau harga dari permintaan sang pembeli saham.

Sementara harga Offer adalah harga saham yang sudah ditentukan oleh si pemegang saham, dalam hal ini si penjual saham. Penentuan harga saham dari suatu saham yang diperdagangkan saat itu yang telah melalui proses transaksi penjualan adalah harga saham yang berlaku saat itu juga.

Dalam menentukan harga saham tentunya hal ini sama saja seperti saat orang membeli suatu peralatan rumah tangga atau kebutuhan sehari-hari. Dengan sistem ekonomi yang berlangsung harga saham bisa naik turun sesuai harga pasar. Tentunya sang pembeli saham menginginkan harga saham yang semurah-murahnya dari sang penjual. Sementara apa yang diharapakan dari sang penjual adalah harga saham yang tinggi terhadap saham yang mereka jual di bursa saham.

Harga saham : Faktor naik turunnya harga dari suatu saham

Dalam dunia saham telah diketahui dua faktor yang sedikitnya mempengaruhi harga saham. Yaitu faktor internal dan eksternal. Berikut penjelasan dari 2 faktor tersebut :

Faktor internal harga saham : Faktor ini biasanya dipengaruhi dari si penjual atau kemampuan dari suatu perusahaan tersebut dalam menangani kinerja perusahaan baik ekonomi dan manajemen finansialnya. Bagaimana perusahaan tersebut bisa memanage modal yang ada, mengatur kegiatan dari operasioanal perusahaan tersebut, bagaimana perusahaan tersebut bisa menarik keuntungan dari operasionalnya.

Faktor eksternal harga saham : Faktor eksternal biasanya dikaitkan dengan kondisi ekonomi yang terjadi di suatu negara. Misalkan di Indonesia, harga saham bisa saja dipengaruhi oleh kondisi kurs rupiah dan inflasi yang terjadi saat ini atau bulan ini. Huru hara yang terjadi di suatu negara juga kerap dapat mempengaruhi harga saham.

Informasi Harga Saham 


Subscribe to RSS headline updates from:
Powered by FeedBurner

Harga Saham Terkini

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

xauusdh1
Koreksi emas tertahan 1306.10
shadow

Harga emas kembali terperosok ke level support 1306.15 steelah sempat melonjak ke level 1315.00. Koreksi emas lagi-lagi tertahan support 1306.15 dan tetap …


Analisa Fundamental

dolaa
Indeks dolar bersiap hadapi hasil rilis data inflasi AS
shadow

Dolar AS terus diperdagangkan menguat terhadap mata uang lainnya karena kekhawatiran situasi geopolitik di Ukraina dan Jalur Gaza. Situasi ini mendorong …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait