shadow

Informasi penting tentang kurs dollarKurs Dollar terus berada di atas 105 sen dolar AS meskipun ekspektasi pemotongan suku bunga lebih lanjut setelah data resmi menunjukkan bahwa inflasi mereda. Data Indeks harga konsumen (IHK) menunjukkan bahwa inflasi berada pada posisi datar pada kuartal Desember, di bawah ekspektasi ekonom yang memperkirakan mencapai kenaikan 0,2 persen. Mata uang lokal turun dari kurs dollar sekitar 104,70 sen AS ke 104,50 US segera setelah publikasi data pada 1130 AEDT oleh Biro Statistik Australia, tetapi terus meningkat sejak saat itu.

Pada 17:00 (AEDT) dolar Australia diperdagangkan pada 105,23 sen dolar AS, naik dari 104,97 kemarin. Kurs dollar diperdagangkan pada 82,03 ¥ Jepang, naik dari 80,86 pada Selasa, dan 80,81 sen terhadap euro, dibandingkan ketika 80,69. Emma Lawson pakar strategi mata uang NAB mengatakan data CPI memberikan dorongan untuk mata uang lokal dan kurs dollar. “Tentu saja berita besar untuk CPI, dengan angka yang mendasari nilai kurs dollar yang berada di atas ekspektasi pasar,” katanya.

“Hal ini telah menjadikan harga dari RBA (Reserve Bank of Australia) yang telah dipotong pada 7 (Februari) harus segera diambil keluar dari pasar.” Itu memungkinkan kurs dolar Australia terhadap kurs dollar menjadi rally sedikit, tapi akibat yang dihasilkan akan menjadi relatif terbatas . “Ms Lawson mengatakan acara besar berikutnya yaitu pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal AS semalam di Washington DC yang memutuskan harapan terhadap tingkat suku bunga dan kurs dollar yang membaik.

“Ini adalah pemungutan suara yang baru, dan mereka diharapkan akan jauh lebih banyak “doveish” dari sebelumnya,” katanya. Sementara itu, harga obligasi berjangka sepuluh tahun jatuh ke posisi terendah dalam dua bulan. Pada 16:30 (AEDT) kemarin Maret obligasi kontrak berjangka 10 tahun diperdagangkan pada 95,945 (menyiratkan hasil 4,055 persen), turun dari 96,050 (3,950 persen) kemarin.

KURS DOLLAR VS RUPIAH

Kurs dollar terhadap rupiah juga sangat mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia, kurs dollar saat ini terus menekan rupiah di level Rp. 8.900 per dolarnya. Kurs Dollar juga masih dipengaruhi oleh kondisi keuangan Eropa akibat krisis utangnya dan juga kondisi Yunani dengan para investornya. Pemicu lainnya menguatnya kurs dollar terhadap rupiah yaitu adanya demand dari pelaku pasar valas pada kebutuhan dalam negeri dan meningkatnya permintaan impor. Gubernur BI mengatakan tahun 2011 kemarin, swasta yang memiliki jatuh tempo terbesar terdapat pada bulan November dan Desember. Imbasnya membuat permintaan dollar pada akhir tahun kemarin bertambah. Juga kurs dollar pun menguat terhadap rupiah.

Kurs dollar yang menguat juga memicu mata uang lain melemah terhadap dollar, beberapa pakar menilai itu bukan suatu hal yang spesial bagi kurs dollar. Kurs tetangga juga mengalami pelemahan. Dan juga yang patut diperhatikan bahwa pelemahan Rupiah terhadap Kurs dollar bukanlah yang terbesar dibandingkan negara lain dalam wilayah Asia khususnya. Semua bergiliran, kurs dollar pun kadang melemah terhadap mata uang Asia lainnya jadinya hal itu masih dalam tahap wajar.

Kurs dollar yang saat ini juga ikut terpengaruh oleh kondisi di zona Eropa juga harus waspada karena masih terdapat kemungkinan kurs dollar akan terkena imbasnya pergolakan Eropa dan Yunani, ditambah lagi kondisi di Iran yang terkena sanksi embargo oleh Uni Eropa. Dampak gejolak ekonomi global dimulai dari krisis Eropa hingga Yunani mulai dirasakan dari melemahnya Rupiah terhadap kurs dollar, juga dibarengi dengan melemahnya indeks harga saham gabungan.

HARGA KURS DOLLAR

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

usdjpyh1
Double Top USDJPY picu bearish
shadow

USDJPY menguji resistance high kemarin di level 103.07. Namun hari ini, kekuatan bullish sepertinya mulai memudar. Kegagalan menguji dan menembus high …


Analisa Fundamental

saham asia
Data manufaktur Tiongkok dorong bursa saham Asia naik
shadow

ionkok daorong bursa saham naik Bursa saham regional di wilayah Asia  masih mempertahankan kenaikannya ditopang oleh membaiknya data manufaktur Tiongkok …


Edukasi

investor pemula adilsiregar 8 pictures
Saran Bagi Investor Saham Pemula Sebelum Bertransaksi
shadow

Financeroll – Banyaknya saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia menyebabkan para investor pemula kerap kebingungan. Ryan Filbert, penulis …


Berita terkait