shadow

Informasi kurs Hari ini Kurs yang dikenal sebagai nilai tukar dalam keuangan adalah sebuah nilai mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Setiap negara memiliki mata uang masing-masing seperti Dollar untuk amerika, poundsterling untuk inggris, Rupiah untuk Indonesia dan nilai tukar mata uang itulah yang biasa disebut dengan kurs.

Kurs tidak memiliki nilai yang tetap tergantung dengan kondisi nilai keuangan suatu negara, misal kurs 1US Dollar memiliki nilai Rp.8000, dan beberapa waktu kemudian, bisa bulan maupun tahun nilai tersebut ada kemungkinan untuk naik, turun atau tetap. Misal jika keadaan kurs USD makin membaik dan meningkat dan kurs rupiah menlemah maka maka bisa saja kurs US$1 bernilai sama dengan Rp.9000.

NILAI KURS

Nilai kurs juga dapat dipengaruhi dari inflasi, dengan adanya inflasi yang tinggi maka nilai kurs akan menurun, sebagai contoh jika di Indonesia terjadi inflasi maka nilai kurs rupiah akan semakin rendah, artinya uang yang beredar di masyarakat akan terus tinggi yang menyebabkan harga-harga akan naik, karena harga naik tadi, yang seharusnya misal nilai kurs rupiah untuk harga salah satu bahan pokok misal Rp.5000 untuk satu paket, karena terjadi inflasi maka kurs nilai rupiah untuk harga barang tersebut menjadi Rp.7000 dengan jumlah barang yang sama, artinya nilai kurs rupiah mengalami penurunan dari yang dihargai Rp.5000 menjadi Rp.7000.

Jika memang terjadi inflasi maka tugas pemerintah adalah untuk menaikan suku bunga bank agar para masyarakat mau menabungkan uangnya ke bank, sehingga nilai kurs rupiah dapat di stabilkan kembali. Kurs rupiah harus terus dijaga agar ekonomi Indonesia bisa terus stabil dan mampu menaikan kurs nilai rupiah terhadap mata uang asing.

Seperti halnya waktu sebelum terjadi krisis moneter, kurs rupiah memiliki nilai yang tinggi terhadap US Dollar, tetapi saat terjadi krisis moneter kurs rupiah drastis turun terhadap kurs dollar yakni mencapai sekitar RP.16.000 per US Dollar. Dengan keadaan tersebut pemerintah banyak melakukan pembenahan ekonomi Indonesia agar Kurs Rupiah bisa menguat kembali dan hingga saat ini kurs rupiah telah kembali meningkat hingga mencapai Rp.9000 per US Dollarnya.

Bagi indonesia kurs dollar adalah uang asing yang bisa dijadikan devisa untuk Indonesia, semakin banyak kepemilikan uang asing, maka semakin tinggi juga devisa negara yang bisa mendapatkan tabungan untuk ekonomi negara.

Karena itu secara tidak langsung para pekerja yang bekerja di luar negeri dan digaji dengan uang asing maka mereka akan menghasilkan devisa negara yang bisa menjadi tabungan negara. Kurs rupiah terus stabil di kisaran Rp.9000. ini menunjukan berarti ekonomi Indonesia semakin membaik.

Selain saham kurs juga bisa dijadikan bisnis, dengan melakukan jual beli kurs mata uang yang akan memberikan keuntungan dari selisih pergerakan nilai kurs satu mata uang terhadap kurs mata uang lainnya.

Penjualan kurs mata uang ini terjadi di pasar valas, misal anda membeli kurs Dollar amerika yang saat ini bernilai Rp.9000 / dollarnya, dan jika kurs dollar naik menjadi Rp.10.000 / dollarnya maka anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp.1000 / dollarnya.

HARGA KURS HARI INI 

Untuk bisa mengetahui berapa nilai kurs mata uang suatu negara anda bisa mendapatkan infonya dari bank indonesia atau bank-bank yang ada di Indonesia, selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi kurs mata uang dari berbagai media baik media televisi, media cetak, hingga media online.

KURS KONVERTER

KURS MATA UANG BCA

INFORMASI KURS TERKINI


Subscribe to RSS headline updates from:
Powered by FeedBurner

Berita terkait