shadow
Manajemen Investasi

Manajer Investasi

Manajer InvestasiManajer Investasi adalah suatu pekerjaan yang biasa ditemukan pada bagian perekonomian baik dalam bidang investasi maupun saham. Umumnya manajer investasi sesuai namanya biasanya ditemukan pada kegiatan investasi. Baik berupa investasi reksadana, investasi saham, investasi forex, dan lain lain. Investasi sendiri adalah kegiatan penanaman modal baik berupa uang, barang atau sesuatu yang bernilai dengan uang. Investasi sendiri di Indonesia sudah menjadi trend terkini dari masyarakat modern, karena dengan investasi umumnya orang bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah ketika investasi yang mereka tanamkan berjalan dengan lancar. Manajer investasi sendiri adalah tugas yang cukup berat karena tugas mereka adalah mengelola dana para nasabah.

Tugas manajer investasi

Manajer investasi merupakan suatu pekerjaan dimana butuh tingkat kesabaran yang tinggi terhadap pengelolaan dana. Tugas utama seorang manajer investasi adalah mengelola efek atau yang biasa disebut portofolio dari investasi yang dilakukan secara kolektif oleh para investor yang sudah menyerahkan dana investasi mereka. Manajer investasi disini mengelola dan mengakomodir segala investasi yang diberikan nasabah dan kemudian dimainkan dalam sistem investasi baik berupa investasi reksadana ataupun investasi saham. Setelah mengelola dana nasabah yang kolektif itu, manajer investasi tentunya akan memberikan laporan per bulannya terhadap dana nasabah yang dikelola kepada para nasabah sehingga dana yang diinvestasikan jelas dan transparan.

Cara kerja manajer investasi

Manajer investasi memiliki peran penting dalam kegiatan investasi, tentu pekerjaan ini adalah hal yang agak sulit karena mereka juga bertanggung jawab terhadap dana nasabah yang mereka kelola, jika ada sesuatu hal yang buruk terjadi pada dana nasabah maka manajer investasi bisa saja dituntut untuk mengembalikan dana yang sudah dikumpulkan. Cara kerja manajer investasi mereka mengumpulkan dana nasabah lalu mereka tidak bisa langsung begitu saja menerima dana nasabah. Dana para nasabah yang ingin berinvestasi harus terlebih dahulu disimpan pada kustodian. Kustodian yang bisa digunakan untuk menitip dana nasabah tentunya harus mendapatkan izin resmi dari Bapepam. Para kustodian ini yang akhirnya akan menerima perintah untuk menjual dan membeli dari efek atau investasi yang disetor oleh manajer investasi. Akhirnya para Kustodian itu menjalankan perintahnya kepada Perantara Pedagang Efek. Investasi kolektif biasanya memang membutuhkan jasa seorang Manajer Investasi.

Advertisement

shadow

Berita terkait