shadow

Informasi terkini tentang reksadanaReksadana adalah suatu tempat yang bertujuan untuk mengelola dana atau modal yang dilakukan oleh sekumpulan investor. Reksadana ini biasanya dikelola oleh Manajer Investasi kedalam suatu portofolio investasi yang bisa berupa suatu saham, obligasi, hipotek, pasar uang maupun yang lainnya.

Banyak definisi reksadana antara lain reksadana merupakan surat surat yang berisikan tentang pemilik dari surat tersebut menjelaskan telah menitipkan dana kepada manajer investasi yang dipergunakan untuk melakukan investasi di pasar modal atau pasar uang (valas).

 

Terdapat 3 unsur penting pada reksadana yaitu :

  • Terkumpulnya dana dari investor entah dari masyarakat perseorang ataupun organisasi/institusi
  • Investasi yang dilakukan adalah investasi bersama dalam bentuk portofolio efek yang sebelumnya sudah didiversifikasi
  • Pengelola dana reksadana yang dipercaya sebagai pengelola dana para investor

Reksadana tidak ubahnya seperti menabung pada umumnya namun jika surat menabung pada tabungan biasa tidak bisa diperdagangkan lain halnya dengan reksadana. Secara pembelian reksadana terbagi menjadi 2 konsep yaitu :

  • Reksadana Terbuka
  • Reksadana Tertutup

 

Reksadana Terbuka lebih membebaskan investor yang telah menyetorkan dananya dan investor reksadana terbuka bisa memperdagangkan surat penyertaan yang dilakukan investor kepada pengelola dana dalam hal ini manajer investasi. Sedangkan pada reksadana tertutup jika si investor telah menetapkan suatu waktu tertentu sebagai jangka waktu penyimpanan, misalkan 2 tahun yang ditetapkan maka si penanam modal reksadana tersebut tidak dapat melakukan penjualan balik dari penyertaan kepada si pengelola dana.

 Keuntungan memiliki Reksadana

 1. Pengelolaan dana yang profesional

Reksadana biasanya dikelola oleh orang-orang yang profesional dibidang reksadana. Para manajer investasi ini adalah orang orang yang memiliki akses terhadap suatu informasi dan perdagangan dari efek. Ini membuat para investor bisa tenang karena para manajer investasi umumnya dapat meneliti peluang baik untuk berinvestasi dan melakukan investasi yang baik dan menguntungkan bagi para nasabahnya.

2. Mudahnya berinvestasi

Melakukan investasi dengan metode reksadana sangatlah mudah, disamping prosesnya cepat, Anda juga bisa menentukan pilihan investasi dalam melakukan reksadana tentunya dengan rencana sesuai dengan profit yang anda inginkan

3. Tidak terkena pajak

Keuntungan yang didapat oleh para investor reksadana tidak dikenakan pajak sehingga para investor dapat keuntungan yang murni tanpa pemotongan sedikitpun

 

Macam-macam Reksadana :

 

  1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana semacam ini biasanya dilakukan jika investasi yang kita tanamkan pada efek yang dituju bersifat sebagai hutang dengan jatuh tempo yang telah ditetapkan sekitar kurang dari satu tahun.

 

  1. Reksadana dengan pendapatan tetap

Reksadana jenis ini adalah ketika investor melakukan investasi minimal 80% dari aktiva atau dana yang dikelola dan ini juga masih bersifat hutang.

 

  1. Reksadana bentuk Saham

Reksadana dengan dana minimal 80% namun dana pengelolaannya bersifat ekuitas.

 

  1. Reksadana Campuran

Reksadana yang memiliki perbandingan target aset alokasi pada efek saham dan juga pendapatan yang tetap. Reksadana jenis ini tidak dapat disamakan dengan reksadana yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Berdasarkan UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 pasal 18 ayat (1), bentuk hukum Reksadana yang berlaku di Indonesia ada 2 jenis yaitu :

 

Reksadana berbentuk Perseroan (PT. Reksa Dana)

Merupakan suatu bentuk reksadana yang dilakukan perusahaan (PT), bentuk hukumnya sama dengan perusahaan lain. Sedikit perbedaan kecil terdapat pada jenis usaha yang dijalankan yaitu usaha pengelolaan portofolio investasi.

Kontrak Investasi Kolektif

Kontrak ini biasanya dibuat oleh Pengelola Reksadana dalam hal ini Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang juga mengikat para pemegang Unit Penyertaan sebagai Investor / Penyetor. Dengan kontrak ini Manajer Investasi diberi kuasa untuk mengurus portofolio efek dan Bank Kustodian juga diberi kuasa untuk melaksanakan penitipan dana dan administrasi dari investasi

 

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

Rebound Kecil, Emas Tetap di Bawah Tekanan
shadow

Di sesi Senin harga emas (XAUUSD) berhasil melakukan rebound kecil hingga ke 1238.50 dan ditutup di 1233.15. Rebound ini masih relatif jauh dari potensi …


Analisa Fundamental

Edukasi

Berita terkait