shadow

Rupiah : mata uang indonesiaRupiah merupakan mata uang resmi negara Indonesia. Rupiah dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 nya yaitu IDR. Banyak penduduk Indonesia menyebut Indonesia dengan sebutan “perak” dalam bahasa percakapan sehari-hari.

Satu rupiah dibagi menjadi 100 sen. Satuan sen pada rupiah sudah tidak dipergunakan dikarenakan inflasi yang terjadi terhadap rupiah. Satuan sen dalam rupiah baru digunakan pada pembukuan yang dilakukan oleh bank.

Sejarah rupiah diawali dari kata rupiah yang diambil dari kata “rupee”. Rupee sendiri merupakan satuan mata uang negara India. Sebelum menggunakan rupiah, Indonesia terlebih dahulu menggunakan mata uang Belanda yaitu Gulden dari tahun 1610 sampai tahun 1817. Setelah tahun 1817, kemudian diperkenalkan satuan mata uang Gulden-Hindia Belanda.

Sementara mata uang Rupiah sendiri baru diperkenalkan pada zaman penjajahan Jepang atau sekitar Perang Dunia kedua. Pada saat dipublikasikan Rupiah bernama Rupiah Hindia-Belanda.

Setelah masa perang dunia usai, Bank Jawa atau dalam bahasa Belanda Javaast Bank yang kini bernama Bank Indonesia memperkenalkan pada publik mata uang Rupiah Jawa sebagai pengganti dari Rupiah Hindia-Belanda. Tetapi mata uang gulden NICA yang dibuat oleh pasukan Sekutu dan beberapa mata uang yang dicetak pada saat penjajahan juga masih berlaku pada saat itu.

Pada 8 April 1947 Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan Rupiah untuk pulau Sumatra yaitu Rupiah – URIPS ( Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera ). Setelah 4 tahun merdeka dari penjajahan tepatnya pada tanggal 2 November 1949 akhirnya Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang negara yang resmi.

Pada Riau dan Irian Barat mereka memiliki variasi Rupiah mereka sendiri namun hal itu tidak dibiarkan begitu saja, Rupiah lain tersebut dibubarkan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Seiring berjalannya waktu, rupiah terus menjadi mata uang dan alat tukar yang sah di Republik Indonesia yang nilainya terus stabil, namun pada tahun 1998 dimana terjadi Krisis ekonomi Asia yang mengakibatkan Rupiah pun jatuh 35% dari biasanya dan juga menyebabkan pemerintahan pada saat itu yaitu pemerintahan Soeharto juga turut jatuh.

Rupiah sendiri merupakan mata uang yang bebas ditukar dengan mata uang lain namun rupiah memiliki tingkat pinalti dalam perdagangan disebabkan oleh inflasi yang tinggi.

 

Rupiah dan satuan dibawahnya

Rupiah pada zaman dahulu memiliki satuan dibawahnya, satuan yang dikenal adalah sen. Pada masa awal kemerdekaan dulu rupiah disamakan nilainya dengan Gulden Hindia-Belanda sehingga ada juga satuan-satuan yang lebih kecil yang juga turut dipakai dan juga berlaku di masa itu.

Berikut adalah daftar satuan-satuan yang pernah dipakai namun sekarang tidak terpakai lagi dikarenakan inflasi yang terjadi dan menyebabkan satuan dibawah ini menjadi tidak penting lagi dipakai

  • sen, seperseratus rupiah (ada koin pecahan satu dan lima sen)
  • cepeng, hepeng, seperempat sen, dari feng, dipakai di kalangan Tionghoa
  • peser, setengah sen
  • pincang, satu setengah sen
  • gobang atau benggol, dua setengah sen
  • ketip/kelip/stuiver (Bld.), lima sen (ada koin pecahannya)
  • picis, sepuluh sen (ada koin pecahannya)
  • tali, seperempat rupiah (25 sen, ada koin pecahan 25 dan 50 sen)

Terdapat pula satuan uang, yang nilainya adalah sepertiga tali.

 Satuan di atas rupiah

Terdapat dua satuan di atas rupiah yang sekarang juga tidak dipakai lagi.

  • ringgit, dua setengah rupiah (pernah ada koin pecahannya)
  • kupang, setengah ringgit
Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Analisa Teknikal

GBP Terus Berusaha Koreksi Trend Jangka Pendek
shadow

Meskipun hari ini terbilang sepi, GBPUSD tampak memiliki performa yang sedikit lebih baik daripada mata uang lainnya. Terhadap dolar, GBP terus berusaha …


Analisa Fundamental

Edukasi

marketing-300x200
Menyambut Era Pemasaran Modern
shadow

FINANCEROLL - Ketika generasi baby boomer yang berperan dalam pembentukan berbagai organisasi saat ini telah pensiun, maka strategi-strategi pemasaran yang …


Berita terkait