shadow
Saham Campuran

Saham Preferen

Saham preferenSaham preferen merupakan saham yang memiliki banyak keutamaan dibandingkan dengan saham biasa. Saham preferen biasa disebut juga dengan saham campuran. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh saham preferen dibandingkan dengan saham biasa, namun secara karakteristik saham campuran sama seperti saham biasa. Saham biasa umumnya hanya diberikan secara terbatas sesuai dengan jumlah yang diberikan. Saham preferen prinsipnya sama dengan saham biasa dimana saham jenis ini juga sebagai instrumen finansial dari sebuah kepemilikan perusahaan yang menerbitkan sahamnya.

Dengan penerbitan saham preferen, perusahaan bisa mendapatkan dana berupa uang tunai untuk pendanaan jangka panjang perusahaan tersebut. Hal ini bisa meningkatkan modal bisnis suatu perusahaan disamping menerbitkan obligasi. Biasanya saham preferen juga dijual seperti saham biasa dan penjualannya meliputi 2 tipe pasar seperti berikut :

  • Pasar primer
  • Pasar sekunder

Saham preferen – Jenis jenis saham preferen

Saham preferen sama halnya seperti saham biasa yang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah ciri khasnya :

  1. Mempunyai tingkatan atau level, saham preferen bisa diterbitkan dengan ciri khas tertentu.
  2. Memiliki tunggakan dari penghasilan dan aktiva, untuk urusan pendapatan deviden saham preferen memiliki prioritasnya tersendiri.
  3. Dividen yang didapat sifatnya stack/kolektif, artinya saham jenis ini bisa mendapatkan dividen yang menumpuk jika sebelumnya tidak mendapatkan dividen sama sekali.
  4. Saham preferen umumnya bisa dijadikan kembali menjadi saham biasa dengan persyaratan persetujuan dari pihak penerbit saham dan pemegang saham.
Saham preferen – Sifat saham biasa

Berbeda sedikit dengan saham preferen, saham biasa umumnya memiliki ciri seperti berikut :

  1. Pemegang saham dapat memilih komisaris perusahaan.
  2. Bila penerbit saham menerbitkan saham baru maka hak bisa diutamakan.
  3. Tanggung jawab terhadap saham hanya yang diberikan saja.

Author

Financeroll

Untuk Berlangganan Sinyal Trading Premium, Silahkan Undang Pin BB 251A2918
shadow

Stay Connected !

Related Posts