shadow

Informasi sekuritas terkini Sekuritas adalah suatu bentuk kepemilikan berupa secarik kertas yang berisikan bentuk kepemilikan untuk mendapatkan bagian dari suatu kekayaan ataupun prospek atas perusahaan yang menerbitkan sekuritas itu dan juga apapun kondisi yang bisa melaksanakan hak tersebut.

Sementara maksud dari penilaian sekuritas itu sendiri adalah proses dari penentuan nilai terhadap sekuritas.

JENIS SEKURITAS

Sekuritas-sekuritas bisa dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan ketentuan analisanya, berikut jenis-jenis dari sekuritas :

  1. Sekuritas yang bisa memberikan kita penghasilan tetap

Sekuritas yang dimaksud dari jenis ini adalah obligasi, sekuritas jenis ini memiliki gambaran seperti berikut, bisa juga memiliki nilai nominal yang biasa dikenal dengan face value, waktu pelunasan, dan juga memiliki coupon rate per tahun (% pa) . Ketentuan sekuritas jenis ini berdasarkan perhitungan sekuritas akan didapat hasil yaitu bila tingkat suku bunga yang dianggap oleh investor telah meningkat, harga pasar obligasi akan turun dan begitu pula kebalikannya. Jadi harga obligasi bergantung pada tingkat suku bunganya itu sendiri.

  1. Sekuritas yang memberikan penghasilan tidak tetap

Jenis sekuritas berikut ini adalah saham, biasanya si pemilik saham akan mendapatkan keuntungan dan penghasilan dari saham melalui bentuk deviden dan perubahan harga saham di pasar saham. Jika harga saham ternyata lebih tinggi dari harga saham, maka investor atau pemodal akan mendapat capital loss. Kesimpulannya para pemodal atau para analis sekuritas harus memperkirakan nilai dari suatu variable yang bisa berupa tingkat resiko, proporsi keuntungan yang akan dibagikan juga tingkat dari profit yang didapat pada masa yang akan datang bukan dari nilai historis suatu sekuritas.

  1. Sekuritas yang memiliki karakter pilihan

Salah satu jenis sekuritas jenis ini yaitu warrant. Warrant adalah opsi atau pilihan untuk membeli sejumlah saham biasa dengan harga saham tertentu yang biasa digunakan sebagai tambahan pada saat penerbitan obligasi dilakukan. Jika suatu obligasi atau sekuritas disertai dengan suatu warrant maka si pemodal bisa memperoleh bunga yang tetap dari pembelian obligasi dan juga akan memperoleh opsi untuk membeli saham dengan harga tertentu. Jika harga saham tersebut maka sekuritas opsi ini juga akan sangat berharga nilainya sehingga perusahaan dapat menjual obligasi yang dimiliki dengan tingkat suku bunga yang rendah.

Bagi perusahaan penerbit warrant ini akan mendapat keuntungan yaitu mendapat tambahan dana dari penjualan saham yang biasa dilakukan jika diatas nilai nominal tersebut disamping dana penjualan obligasi tersebut. Jika kita ingin memberikan penilaian warrant, terdapat 2 faktor yang bisa menjadikan perhitungan akan menjadi rumit yaitu yang pertama adalah pembayaran deviden dan yang kedua adalah pada bagian dilution atau pengeceran

SEKURITAS SYARIAH VS SEKURITAS KONVENSIONAL

Selain sekuritas yang dijelaskan diatas juga ada Sekuritas jenis lain yaitu Sekuritas Syariah atau efek syariah. Sekuritas syariah memiliki perbedaan dengan sekuritas yang biasa karena sekuritas jenis ini menggunakan aspek-aspek dan syarat tertentu yang berbasiskan syariah. Sekuritas berbasiskan syariah masih mendapatkan beberapa kendala seperti pemahaman mengenai sekuritas biasa maupun sekuritas syariah pada umumnya yang menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat mengenai legitimasinya dimata agama.

Peraturan Perdagangan Sekuritas

Di negara Amerika, penjualan sekuritas kepada publik haruslah didaftarkan dulu kepada komisi pengawas pasar modal Amerika. Aturan aturan lain sebagai pelengkap dari perdagangan sekuritas juga dilakukan oleh badan yang secara independent melakukan hal ini yang biasa dikenal disana sebagai SRO atau kepanjangan dari Self Regulatory Organizations.

Sementara di Indonesia sendiri yang bisa melakukan penawaran umum sekuritas adalah emiten yang telah terlebih dulu menyampaikan pernyataan pendaftaran pada Bapepam atau Badan Pengawas Pasar Modal untuk menjual sekuritas tersebut pada masyarakat dan juga pernyataan pendaftaran tersebut telah efektif tentunya. Dan juga tidak ada satu pihak yang bisa menjual sekuritas dalam penawaran bentuk umum, terkecuali jika pembeli menyatakan dalam bentuk formulir pemesanan sekuritas bahwa si pembeli  atau pemesan sekuritas telah menerima atau mendapatkan kesempatan untuk membaca prospektus berkenaan dengan sekuritas tersebut pada saat sebelum atau ketika pemesanan dilakukan.

Selain layanan sekuritas, tersedia juga layanan lain yang disediakan oleh perusahaan seperti Danareksa yaitu fitur reksadana, dimana reksadana itu sendiri adalah sejenis investasi yang bisa dilakukan oleh individu maupun institusi sekalipun. Dengan fitur online, user akan dimanjakan dengan kemudahan bertransaksi maupun memantau saham yang kita miliki secara realtime. Tentunya hal ini akan menghemat waktu para pelaku pasar dan pelaku investasi dan memberikan kenyamanan bertransaksi pada para nasabah.

Hendaknya dalam memilih sekuritas haruslah para nasabah teliti terlebih dahulu, karena dengan mencermati dan memilih dengan baik sekuritas yang dipilih akan menjamin dana yang anda miliki tetap aman. Pilihlah sekuritas yang bisa sudah bereputasi baik dan tentunya akan menjamin investasi yang anda titipkan tetap aman dan anda akan memperoleh keuntungan yang anda harapkan tanpa khawatir.

HARGA TERKINI EQUITIES

Advertisement

shadow

Berita terkait